fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Mudik Lebaran Diperbolehkan, Begini Persiapan Dishub Gunungkidul

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Suasana Lebaran pada tahun 2021 ini akan sangat berbeda dengan suasana momen yang sama pada tahun silam. Hal ini lantaran, pemerintah memperbolehkan warga untuk mudik pada musim lebaran tahun ini. Beberapa waktu silam, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi menyatakan, pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021 ini.

Menindak lanjuti hal ini, sejumlah persiapan mulai dilakukan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Gunungkidul. Persiapan matang dibutuhkan lantaran saat ini masih dalam masa pandemi covid19.

Kepala Seksi Dal Ops Dishub Gunungkidul, Bayu Susilo Aji memaparkan, pada arus mudik lebaran 2021 nanti, pihaknya akan memperketat pengawasan terutama dalam hal prosedur kesehatan. Selain itu, sejumlah fasilitas juga dilakukan pengecekan. Sejauh ini, Dishub menyebut sudah melaksanakan sejumlah persiapan teknis.

“Seperti survey jalur, pemasangan imbauan keselamatan, rambu petunjuk arah dan memperbaiki fasilitasi seperti lampu lalu lintas hingga penerangan jalan,” kata Bayu, Kamis (18/03/2021).

Dituturkannya, pengecekan yang disusul dengan perbaikan ini diharapkan agar pada saat arus mudik berlangsung 1,5 bulan mendatang, fasilitas yang ada sudah bisa secara maksimal berfungsi dengan baik.

Sementara itu berkaitan dengan Posko Lebaran 2021, pihaknya masih terus melakukan koordinasi. Pada masa pandemi semacam ini, teknis posko lebaran dengan standar covid19 tentunya sangat diperlukan.

“Kita masih menunggu intruksi resmi dari Pemerintah Pusat dan Pemda DIY,” papar dia.

“Intinya kalau dari segi sarana kami sudah mulai mempersiapkan,” terangnya.

Sementara itu, untuk pengetatan protokol kesehatan, setiap penumpang nantinya harus mematuhi protokol kesehatan baik sebelum pengangkutan, selama dalam perjalanan hingga sampai pada tujuan. Pengawasan pun akan dilakukan oleh Kementrian, Pemda DIY dan Pemkab Gunungkidul.

“Jadi semua lapisan nanti mengawasi jalannya mudik lebaran,” kata dia.

Sementara itu, Kepala UPT Terminal Semin, Nur Wijaya menyatakan, secara umum di terminal yang ia kelola sudah siap menerima kedatangan pemudik. Namun, siang ini, pihaknya bersama Dinas Perhubungan tengah melakukan rapat berkaitan dengan persiapan mudik.

“Baru kami rapatkan untuk teknis prokes di terminal. Secara umum kami sudah siap,” ujar Nur.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler