fbpx
Connect with us

Sosial

Muhammadiyah Berikan Sapi dan Lima Ekor Kambing di Mertelu

Diterbitkan

pada tanggal

Gedangsari, (pidjar.com) — Sejumlah masyarakat di Padukuhan Mertelu Kulon, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari terlihat sumringah, Rabu (14/08/2019). Pasalnya Masjid Al Ikhlas setempat, mendapatkan hewan kurban berupa satu ekor sapi dan lima ekor kambing oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah DIY dan  LPB PDM Seleman. MDMC sendiri memilih Padukuhan Mertelu karena kesadaran kurban masyarakat setempat masih rendah.

Seusai menerima hewan kurban, masyarakat setempat kemudian menyembelih hewan dan membagikan kepada masyarakat. Namun, ada sedikit perbedaan yang terjadi pada pelaksanaan kurban tahun ini di Padukuhan Mertelu Kulon. Adapun perbedaannya ialah dalam pembagian hewan kurban masyarakat setempat menggunakan anaman bambu.

“Kami membuat keranjang dari bambu atau masyarakat di sini mengenal dengan sebutan ronjot,” ujar Dukuh Mertelu Kulon, Suyanto, Kamis (15/08/2019).

Menurutnya, dengan dibungkus menggunakan ronjot, kebersihan daging lebih terjamin. Selain itu, penampilan terlihat cukup menarik dan lebih ramah lingkungan.

Berita Lainnya  Promosikan Produk Lokal, Industri Kecil Gunungkidul Akan Ikuti Pameran di Pasar Argosari

“Selain itu, dapat menghambat pertumbuhan bakteri daging serta menghidupkan kearifan lokal masyarakat sini,” ujarnya. 

Sementara itu pengurus MDMC PP Muhammadiyah DIY, Budi Setiawan berharap, adanya hewan kurban yang diberikan kepada masyarakat Padukuhan Mertelu Kulon dapat bermanfaat. Adapun hewan kurban sendiri dibagikan kepada 100 Kepala Keluarga di Padukuhan Mertelu Kulon.

“Yang jelas harapannya ibadah kurban ini bisa diterima menjadi amal ibadah kami,” imbuhnya. 

Dalam kesempatan yang sama, LPB PDM Sleman juga memberikan bantuan berupa  air bersih untuk masyarakat sekitar. Seperti yang diketahui, Padukuhan Mertelu Kulon sendiri merupakan salah satu lokasi terdampak kekeringan di Kabupaten Gunungkidul.

“Semoga air ini bermanfaat bagi masyarakat Padukuhan Mertelu Kulon,” ujar Budi.

Ibadah kurban sendiri bagi umat muslim,  mengingatkan makna keimanan kepada Allah SWT semata. Adapun yang bisa diteladani ialah keikhlasan dari Nabi Ibrahim AS yang menuruti perintah Allah SWT untuk menyembelih putra tercintanya, Nabi Ismail AS. Sehingga keikhlasan yang dilakukan Nabi Ibrahim dalam menjalankan perintah Tuhan diganti dengan seekor domba..

Berita Lainnya  Disambut Gegap Gempita Sepulang Dari Jakarta, Sugeng Selesaikan Perjalanan Sebarkan Virus Pemilu Damai

“Di sisi lain kemanfaatannya akan menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial, empati, dan simpati kepada sesama yang kurang beruntung,” tandasnya. 

 

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler