fbpx
Connect with us

Sosial

NasDem Siaga Corona, Dari Bagi Ribuan Nasi Box dan Sembako Hingga Sokong Puluhan Posko

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dampak domino efek pandemi corona yang tengah terjadi saat ini membuat keprihatinan banyak pihak. Tak hanya masalah kesehatan, wabah corona juga membuat sejumlah sektor mandheg dan bahkan lumpuh. Tentunya dengan ini, maka pandemi yang terjadi ini telah menjadi permasalahan sosial yang cukup besar.

Dalam kondisi yang serba sulit ini, Partai NasDem terus berusaha untuk berbakti kepada masyarakat. Seluruh stakeholder NasDem Gunungkidul saat ini telah diperintahkan untuk terus bergerak di masyarakat terutama terkait dengan penyaluran bantuan ke masyarakat.

Ketua DPD Partai NasDem Gunungkidul, Suparjo menyatakan, pihaknya telah merumuskan berbagai kebijakan selama masa tanggap darurat corona ini. Dengan tajuk NasDem Siaga, seluruh kader, pengurus maupun anggota DPRD dari NasDem mendapatkan instruksi untuk langsung terjun membantu masyarakat.

“Kita harus ada untuk masyarakat,” tandasnya, Kamis (23/04/2020).

Seluruh kegiatan politik untuk sementara ini ditiadakan. Kegiatan yang dilakukan Partai NasDem dititikberatkan pada penanganan corona, termasuk diantaranya perumusan kebijakan maupun aksi nyata penyaluran bantuan. Seperti untuk para anggota DPRD, pihaknya memerintahkan untuk bekerja lebih keras. Selain melaksanakan kegiatan bakti sosial di masyarakat, para legislator ini juga diminta menjalankan fungsinya dalam penganggaran.

Anggota Fraksi NasDem ia minta terus merumuskan penganggaran yang berafiliasi kepada bantuan kepada masyarakat. Serta juga mendesak pemerintah untuk secepatnya melakukan eksekusi atas anggaran itu.

“Selalu saya tegaskan, jangan rapat-rapat saja, tapi yang memungkinkan dicairkan, ya segera dieksekusi, mau nunggu apalagi. Rakyat sudah sangat membutuhkan,” papar dia.

Atas instruksi itu, sejumlah kader telah melakukan gerakan langsung ke masyarakat. Beberapa waktu silam, para kader NasDem Gunungkidul telah membagikan 4.000 nasi box kepada masyarakat. Kemudian ada pula penyemprotan disinfektan yang menyasar ruang publik maupun rumah-rumah warga.

Anggota DPRD Gunungkidul, Heri Purwanto bersama relawan saat penyemprotan disinfektan di Desa Giripanggung

Seperti yang dilakukan di Kecamatan Semanu pada Rabu (22/04/2020) kemarin, sejumlah kader NasDem yang dikoordinir oleh Heri Purwanto menggelar penyemprotan disinfektan di dua kecamatan. Giliran masyarakat di Kecamatan Semanu dan Tepus yang disasar oleh giat bakti sosial kader NasDem. Ribuan rumah penduduk disemprot dengan cairan disinfektan. Harapannya, upaya ini bisa memutus mata rantai penyebaran virus corona.

Berita Lainnya  Berinteraksi Dengan Ternak Yang Positif Anthrax, Sejumlah Warga Grogol Discreening Dinas Kesehatan

“Kita kerahkan banyak kader untuk melakukan penyemprotan. Saya tidak terlalu menghitung berapa jumlah rumah secara pasti, yang jelas ini tadi ada 100 liter disinfektan yang kita semprotkan,” tandas Heri.

Selain giat penyemprotan, pihaknya juga membagikan 500 nasi box kepada masyarakat. Meski tentunya jumlahnya tak terlalu banyak, namun ia berharap bantuan ini sedikit banyak bisa membantu masyarakat.

Menurut Heri, kegiatan semacam ini sebenarnya telah ia lakukan sejak jauh-jauh hari. Heri yang melibatkan kadernya serta pemuda karang taruna Desa Giripanggung telah bergerak ke seputar Giripanggung dalam melakukan penyemprotan disinfektan. Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan ini kemudian berkembang hingga ke seluruh Kecamatan Semanu maupun Tepus.

“Ini masih jalan terus, sebisa mungkin jika ada permintaan, kita langsung bergerak. Kebetulan dari partai juga mendukung penuh,” tandas anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi NasDem ini.

Wakil Ketua DPRD Gunungkidul, Suharno SE bersama kadernya saat penyemprotan disinfektan di Desa Wiladeg

Hal serupa juga dilakukan oleh anggota DPRD Gunungkidul dari Fraksi NasDem lainnya, Suharno. Sepanjang Kamis (23/04/2020) tadi, ia bersama dengan puluhan kadernya dan masyarakat Desa Wiladeg menggelar penyemprotan massal. Suharno menyebut, pada kesempatan ini, seluruh kawasan di Desa Wiladeg ia semprot dengan cairan disinfektan.

Berita Lainnya  Sakit Demam Berdarah, Bupati Badingah Jalani Istirahat Total

“Semoga bisa membantu masyarakat. Selain memutus mata rantai persebaran virus corona, juga memberi rasa aman kepada masyarakat,” ucap Suharno.

Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul, Wulan Tustiana saat membagikan masker kepada pedagang ikan

Sementara itu, Ketua Komisi B DPRD Gunungkidul, Wulan Tustiana mengaku telah sibuk sejak awal pandemi corona merebak di Gunungkidul. Ia memprakarsai dan bahkan menyokong logistik puluhan posko yang didirikan masyarakat d wilayah Tanjungsari, Purwosari, Saptosari, hingga Paliyan. Hampir setiap hari ia berkeliling sekedar untuk mengirimkan kopi serta gula maupun bahan makanan kepada posko masyarakat.

“Warga Gunungkidul ini memang gotong royongnya sangat tinggi. Ini yang harus didorong dan diteruskan. Kalau pas tidak sibuk saya antar sendiri, tapi kalau sedang sibuk nanti ada perwakilan yang nganter. Memang cukup melelahkan karena ada 40an posko yang saya sokong,” tutur dia.

Sementara untuk penyemprotan disinfektan, dia menjadwalkan untuk melakukannya di sejumlah wilayah. Dalam seminggu, jadwal penyemprotan terus ia bagi ke sejumlah titik.

“Penyemprotan disinfektan ini agar efektif memang harus sering. Tapi permintaan memang sangat banyak,” imbuh Wulan.

Sebagai Ketua Komisi B, saat ini ia terus mendesak sejumlah organisasi perangkat daerah yang merupakan rekan kerja komisinya untuk bergerak cepat. Dalam hal ini, ia terus intens berkomunikasi dengan Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, berkaitan dengan penganggaran bantuan langsung ke masyarakat.

“Hampir setiap hari saya pantau, saya telfon, anggaran ini kalau sudah siap harus segera dicairkan dan didistribusikan,” tutup politisi muda ini.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler