fbpx
Connect with us

Pariwisata

Obyek Wisata Gunungkidul Tetap Jadi Primadona Musim Liburan, 4 Hari Ada 105.289 Wisatawan

Diterbitkan

pada tanggal

Tanjungsari,(pidjar.com)–Musim liburan telah mulai terasa di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Terutama di sejumlah titik obyek wisata baik pantai maupun minat khusus yang ada mulai dipadati wisatawan sejak Sabtu (21/12/2019) lalu.

Kepala Seksi Obyek dan Daya Tarik Wisata, Dinas Pariwisata Aris Sugiyantoro mengatakan, hingga Selasa (24/12/2019) sore kemarin terdapat 105.289 pengunjung obyek wisata Kabupaten Gunungkidul. Jumlah tersebut belum keseluruhan lantaran banyak destinasi wisata yang belum beretribusi dan dikelola masyarakat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

“Pantai masih menjadi primadona, dari jumlah tersebut 90% wisatawan berkunjung ke pantai selatan,” ucap Aris kepada pidjar.com, Rabu (25/12/2019).

Menurutnya, hingga Rabu siang, berdasarkan pantauan pada sejumlah pos Tempat Pemungutan Retribusi belum terjadi penumpukan kendaraan. Ia memberi contoh di Pos Baron, Jalur Jalan Lintas Selatan serta di Pulegundes Tepus masih terpantau lancar.

Berita Lainnya  Mencicipi Olahan Undur-undur Laut di Pantai Drini, Dagingnya Gurih

“Jalan menuju arah pantai ramai tapi lancar, untuk antrian di TPR masih landai,” ungkap Aris.

Sementara itu, Koordinator SAR Linmas Wilayah II Gunungkidul, Marjono mengatakan, ribuan pengunjung telah memadati sejumlah titik pantai di Kabupaten Gunungkidul. Menurutnya dua pantai yang terlihat tumpukan pengunjung yakni Pantai Ngrawe dan Pantai Kukup.

Kendati kondisi ombak di pantai selatan tergolong landai, namun ia mengimbau wisatawan yang berkunjung ke pantai selalu memperhatikan area rip current. Area ini sangat berbahaya karena terbentuk akibat arus datang tegak lurus garis pantai dan menemui garis pantai yang melengkung. Biasanya, arus ini dapat menyeret seseorang yang sedang berenang di pantai.

“Tak henti-hentinya kami mengimbau kepada wisatawan agar melihat rip current, hendaknya jika ingin berenang tanya dulu sama petugas SAR maupun pedagang sekitar bibir pantai,” tandasnya.

Sebanyak 84 tim SAR baik di wilayah I maupun II Gunungkidul telah siapa di wilayah pantai sejak Minggu (22/12/2019) kemarin. Baik siang maupun malam, selama 24 jam tim SAR dipastikan akan mengamankan wisatawan di sekitar pantai hingga 2 Januari 2020 mendatang.

Berita Lainnya  Minim Komplain Terkait Layanan, Jumlah Wisatawan Libur Lebaran Lebihi Target

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler