fbpx
Connect with us

Pariwisata

Sajikan Panorama Menawan, Ini 10 Obyek Wisata Yang Direkomendasikan Dinas Pariwisata

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Memasuki libur natal dan tahun baru ini, Dinas Pariwisata memberikan rekomendasi obyek wisata yang memiliki daya tarik berbeda di Gunungkidul. Sedikitnya ada 6 pantai dan 4 obyek wisata yang patut dicoba oleh para wisatawan untuk dinikmati keindahannya.

Kasi Promosi dan Informasi Wisata, Dinas Pariwisata Gunungkidul, Purnomo Sumardamto mengatakan, kawasan wisata pantai di Gunungkidul memang sangatlah terkenal keindahannya. Seiring berjalannya waktu, sejumlah kawasan pantai pun mulai ditata sedemikian rupa baik oleh pemerintah, Pokdarwis maupun investor. Tak heran apabila kawasan-kawasan tersebut semakin indah dan nyaman untuk dikunjungi.

“Kita rekomendasikan wisatawan untuk datang ke Pantai Ngrawe, Pantai Sepanjang, Watu Kodok, Sundak-Ngandong dan Pantai Siung,” kata Sumardamto, Kamis (26/12/2019).

Ia menjelaskan, kawasan wisata tersebut saat ini telah memiliki fasilitas umum serta sarana prasarana yang mencukupi kebutuhan wisatawan. Baik dari ketersediaan tempat ibadah, toilet hingga akses jalan.

Di lokasi tersebut juga selama ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati keindahan pantai. Seperti di Pantai Watu Kodok, memiliki kawasan yang bersih serta hamparan pasir cukup luas. Berbeda dengan pantai lain yang kurang tertata rapi, di lokasi tersebut para pedagang berkumpul di satu lokasi tanpa menutup keindahan pantai. Kemudian untuk di Pantai Ngrawe sendiri memiliki keindahan pemandangan dengan banyaknya tanaman yang ditata menyerupai taman.

Berita Lainnya  Yogyakarta Kehilangan Identitas Pariwisata, Gunungkidul Diminta Jangan Tiru

“Kalau yang non Pantai itu ada Nglanggeran, HeHa SkyView, Watugupit dan Teras Kaca. Di sana merupakan lokasi yang lagi hits saat ini karena bisa untuk selfie,” kata dia.

Terpisah, Kasi Obyek dan Daya Tarik Wisata, Aris Sugiyantoro menambahkan, pada masa libur akhir tahun ini, pihaknya tidak mengadakan event saat malam tahun baru berlangsung. Tetapi, beberapa Pokdarwis obyek wisata seperti pantai Baron, Wediombo dan Nglanggeran menggelar event dengan bekerjasama dengan instansi terkait.

Untuk menyukseskan libur Nataru ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi lebih lanjut bersama instansi terkait hingga tingkat desa sebagai pelaku wisata di masing-masing obyek. Terlebih guna menciptakan ketenangan bagi wisatawan dalam hal ini penarikan parkir dan harga makanan.

Berita Lainnya  Menikmati Pesona Pantai Ngrawe, Pantai Anyar Indah Yang Dikonsep Pengembangan Modern

“Semua pokdarwis sudah kita surati terkait himbauan agar melayani wisatawan dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono mengatakan, pada libur Nataru dari tanggal 21 hingga 25 Desembwr 2019 kemarin sudah ada 145.755 wisatawan yang mengunjungi obyek-obtek wisata yang tersebar di Gunungkidul. Total kunjungan wisatawan tersebut dihitung dari penarikan retribusi yang dikelola oleh pihaknya yang terhitung sejak awal mulainya masa libur.

“Jumlah ini yang dijaga (dikelola) Dinas Pariwisata, kalau yang lainnya seperti di Turunan, gua Ngingrong, Pantai Sadeng dan lainnya yang tidak terpungut retribusi kami tidak punya data,” kata Harry.

Intensitas jumlah kunjunganpun beragam, ia menyebut tertinggi kunjungan wisatawan ke Gunungkidul terpantau meningkat pada Minggu (22/12/2019) yakni sebanyak 35.000 wisatawan. Disusul pada Selasa dan Rabu saat libur hari Natal masing-masing sebanyak 30.000 kunjungan wisatawan.

“Hingga tanggal 25 Desember kemarin, target pendapatan asli daerah (PAD) yang masuk sudah mencapai Rp1,18 miliar, harapannya selesai Tahun Baru PAD bisa tercapai sesuai target,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler