fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pandemi Makin Mereda, Gunungkidul Catatkan Nol Kasus Covid

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Situasi pandemi di Gunungkidul terus melandai. Berdasarkan data terbaru, saat ini bahkan tak ada kasus aktif di Gunungkidul. Bahkan, sudah hampir 2 minggu terakhir ini, tak ada penambahan kasus baru di Gunungkidul.

Sebagai bentuk apresiasi atas kerja keras para tenaga kesehatan dan relawan, Bupati Gunungkidul pada Selasa (11/01/2022) pagi tadi memimpin apel di Alun-alun Wonosari. Apel sendiri diikuti oleh ratusan tenaga kesehatan (nakes) dan para relawan penanganan Covid-19 Gunungkidul.

Melalui apel tersebut, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh nakes dan relawan. Sebab Senin (10/01/2022) kemarin, Kabupaten Gunungkidul dinyatakan nol kasus aktif maupun kasus konfirmasi positif baru.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh rekan-rekan Forkompinda, nakes, hingga relawan yang sudah bersama-sama menanggulangi dan menangani Covid-19 di Gunungkidul,” kata Sunaryanta.

Sunaryanta menganggap keberhasilan tersebut wajib diapresiasi tinggi. Adapun setidaknya Gunungkidul bersama para nakes dan relawan sudah berjibaku melawan Covid-19 setidaknya sudah hampir 2 tahun.

Berita Lainnya  Viralnya Bukit Jagung Picu Kebangkitan Pokdarwis Desa Giring

Ia juga menilai masyarakat juga berperan penting atas keberhasilan tersebut. Menurutnya, saat ini masyarakat sendiri sudah memahami pentingnya protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

Walau demikian, ia tetap berharap untuk masyarakat tetap waspada dan jangan sampai terlena dengan penurunan kasus tersebut. Meski saat ini telah dinyatakan nol kasus, namun Covid-19 belum usai. Tidak menutup kemungkinan potensi penularan masih bisa terjadi.

“Prokes harus tetap ditegakkan, saya harap warga terus mengingatkan satu sama lain, dibantu oleh tokoh-tokoh masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty juga berharap masyarakat tidak terlena karena Gunungkidul dinyatakan nol kasus. Adapaun saat ini memang sudah tidak ada pasien konfirmasi positif Covid-19 yang dirawat.

Namun ia mengingatkan bahwa angka nol bisa saja berubah alias dinamis. Karena potensi penularan masih bisa terjadi, apalagi mengingat aktivitas dan mobilitas masyarakat yang sudah mulai meningkat.

Berita Lainnya  Termasuk Limbah Berbahaya, Masker Bekas Pakai Harus Dirusak Sebelum Dibuang

“Tetap tidak boleh lengah, kami pun dari Kesehatan tetap selalu siaga,” ucap Dewi.

Selama dua pekan terakhir pun tidak ada penambahan kasus konfirmasi positif baru di Gunungkidul. Adapun kemarin dilaporkan satu-satunya pasien konfirmasi positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh. Sembuhnya pasien ini membuat tidak ada lagi kasus aktif yang tercatat.

“Walaupun kini sudah nol kasus, masyarakat harus tetap menerapkan prokes dimanapun dan apapun bentuk kegiatannya,” jelas dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler