fbpx
Connect with us

Pariwisata

Pantai Botorubuh, Destinasi Wisata yang Menjadi Surganya Mancing di Pesisir Selatan Gunungkidul

Published

on

Girisubo,(pidjar.com)–Gunungkidul memang kaya akan potensi alam untuk berwisata khususnya di wilayah selatan yang terkenal dengan keindahan panorama pantai. Seakan tak ada habisnya, pantai-pantai kecil yang dulunya tak pernah dilirik sekarang mulai banyak diminati oleh para wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Salah satunya ialah Pantai Botorubuh, yang terletak di Kalurahan Jepitu, Kapanewon Girisubo.

Pantai Botorubuh sejak lama sudah digunakan oleh warga untuk tempat memancing ikan guna dikonsumsi. Seperti namanya, pantai Botorubuh dikenal unik lantaran bentuk batuan karang di tepian pantai seperti bangunan batu bata yang roboh. Kemudian para warga setempat menamainya Pantai Botorubuh. Batuan karang yang unik tersebut kemungkinan terbentuk dari proses terkikisnya batuan karang oleh ombak selama puluhan bahkan ratusan tahun yang pada akhirnya terbentuk seperti saat ini.

Selain keindahan alamnya, pantai ini juga terkenal dengan surganya pemancing ikan. Tak heran, jika pantai botorubuh menjadi incaran para pemancing yang penasaran dengan spot-spotnya. Meskipun menawarkan sensasi tarikan pancing yang kuat khas memancing di laut, para pemancing hendaknya harus berhati-hati lantaran ombak pantai selatan yang terkenal besar.

Beberapa jenis ikan yang dapat ditemui disana ialah giant travelly, ikan kerapu, ikan simba. Pemancing dapat merasakan sensasi sambaran ikan berukuran sedang hingga besar yang akan memberikan pengalaman menarik.

“Pantai ini bisa jadi alternatif tempat mancing di pantai selatan. Dulu pernah ikut mancing disana,” kata Nardi.

Selain menawarkan potensi pemancingan yang luar biasa, pantai ini juga dapat menjadi pilihan sebagai tempat berlibur bersama keluarga karena kondisi alamnya yang masih terjaga serta keindahan panorama di pantai ini.

Para pengunjung juga dimanjakan oleh hamparan laut biru khas pantai di Gunungkidul yang berbatasan langsung dengan samudera hindia. Menyaksikannya dengan ditemani suara deburan ombak sekaligus menikmati udara yang segar dan alami akan memberikan suasana menenangkan.

“Ya seperti pantai pada umumnya, batuan karang mendominasi kawasan ini,” imbuh dia.

Lingkungan pantai yang masih asri, uniknya batuan karang, serta deburan ombak semakin menambah keeksotisan pantai botorubuh menjadi tempat yang ideal untuk mengabadikannya melalui foto. Berlatar batuan karang yang menyerupai reruntuhan bata merah serta birunya lautan dapat menjadi pilihan spot foto untuk dibagikan melalui media sosial.

Sebagai tempat wisata yang masih baru, pantai botorubuh belum memiliki fasilitas seperti pantai-pantai yang lain. Tetapi, untuk fasilitas dasar seperti toilet dan tempat parkir telah tersedia di pantai botorubuh. Selain itu, jalan menuju ke pantai botorubuh masih berupa jalan setapak. (RONI)

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler