fbpx
Connect with us

Pariwisata

Pantai Krokoh, Menikmati Surga Kesunyian di Ujung Timur Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Girisubo, (pidjar.com)–Di tengah keramaian wisatawan pantai di Kabupaten Gunungkidul yang menggeliat, masih ada beberapa alternatif pantai yang masih asri. Bahkan, banyak pula pantai yang berpenghuni sama sekali. Salah satu pantai apik yang masih sangat alami adalah Pantai Krokoh. Pantai ini terletak di sisi timur wilayah Kabupaten Gunungkidul tepatnya di Desa Songbanyu, Kecamatan Girisubo.

Lokasinya yang masih sepi ini membuat berkunjung ke Pantai Krokoh layaknya memiliki private beach bagi traveler. Meski tengah dalam tahap pengembangan oleh pemerintah desa setempat dan masyarakat, nuansa alami memang sangat kental di Pantai Krokoh ini.

“Sudah ada pembangunan infrastruktur sehingga akses jalan menuju pantai sudah lumayan mumpuni, dari jalan raya masuk dengan fasilitas cor blok,” kata salah satu pengunjung asal Wonosari, Suradi kepada pidjar.com, Minggu (15/09/2019).

Bagi pemburu sunset dan sunrise, keindahan pantai ini tak kalah menarik dengan pantai lainnya. Hamparan pasir putih yang khas dengan bentangan tebing di sisi kanan kiri menambah eloknya pemandangan Pantai Krokoh.

Berita Lainnya  Gelombang Laut Tinggi, Pantai Selatan Mengalami Lonjakan Wisatawan

Berbagai macam aktivitas sendiri bisa dilakukan di pantai ini, seperti memancing, berkamping, hingga bermain air. Tebing-tebing di sisi barat dan timur pantai ini sering digunakan para pemancing untuk menyalurkan hobi mereka.

Sementara untuk penggemar wisata alam, bercamping di Pantai Krokoh juga bisa menjadi alternatif lainnya. Tak sedikit anak muda dan komunitas Mapala yang sering menghabiskan waktu di pantai ini. Bibir pantai ini cukup luas membuat sensasi bercamping bisa dirasakan secara lebih leluasa. Sembari menikmati sore dan menunggu matahari tenggelam, banyak pengunjung sering menghabiskan waktu mereka untuk bermain bola di tepi pantai.

Sisi barat dan timur pantai ini, dikepung oleh tebing yang ditumbuhi tumbuhan hijau dan agak menjorok ke laut. Perpaduan antara nuansa biru dan hijau ditambah dengan tambahan pasir putih memang menjanjikan sensasi yang sangat menentramkan hati. Namun para pengunjung sendiri sebaiknya berhati-hati. Bermain air di Pantai Krokoh, layaknya di pantai-pantai selatan lainnya perlu kewaspadaan pasalnya ombak sewaktu-waktu dapat berbahaya bagi keselamatan.

Berita Lainnya  Uji Keberanian Lalui Jembatan Gantung Pulau Kalong

Namun tak perlu takut, jika sore hari ombaknya pun cukup bersahabat. Landai, dan enak untuk bermain air dengan menikmati silirnya angin pantai dan bercengkrama dengan alam. Airnya pun sangat bening, rumput laut, batu karang hingga ikan kecil-kecil pun nampak jelas.

“Pantai ini sangat cocok untuk alternatif penyegaran pikiran karena sangat sepi,” imbuhnya.

Desiran ombak sesekali gemuruh memecah karang, menambah kesahduan saat berkunjung. Namun, jangan lupa membawa bekal, karena di pantai ini sama sekali tidak ada pedagang yang beroperasi.

“Ibarat kata Pantai Krokoh ini ialah surga tersembunyi di sisi timur wilayah pantai,” ujar Suradi.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler