fbpx
Connect with us

bisnis

Pantau Ketersediaan di Gunungkidul, TPID DIY Pastikan Harga Kebutuhan Pangan Stabil Jelang Lebaran

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Tim Pengendali Inflasi Daerah kembali melakukan pemantauan bahan pokok ke sejumlah lokasi di Gunungkidul, Rabu (28/04/2021). Pantauan ini untuk memastikan ketersediaan stok sekaligus kestabilan harga kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Plt Kasubag Perekonomian Setda DIY, Ni Made Dwipanti mengatakan, ketersediaan bahan pokok termasuk telur aman. Namun demikian ia menyoroti distribusi kebutuhan pangan yang masih banyak persoalan.

“Kami masih evaluasi tenaga distribusinya kurang atau karena banyak kendala untuk perjalanan,” kata Ni Made.

Ia menambahkan, Ni Made mengatakan, dari berbagai macam kebutuhan pokok tidak ada kenaika  yang menonjol. Bahkan, untuk telur sendiri Ni Made menyebut ada penurunan yang cukup signifikan.

“Dari awalnya 25 ribu per kilogram turun menjadi 19 ribu, yang harganya masih mahal ya minyak,” papar Ni Made.

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan, dari sejumlah tempat yang ia kunjungi stok masih cukup dan terkendali. Semakin dekat dengan lebaran, ia akan lebih intens lagi melaksnaakan pemantauan langsung bahan pokok.

“Kami juga imbau kepada para pedagang, jangan sampai nanti lebaran menaikkan harga terlalu tinggi, saya harap jangan menambah beban ekonomi dengan menaikan terlalu tinggi harga mengingat situasi saat ini ekonomi juga belum membaik,” papar Heri.

Untuk mengendalikan harga menjelang hari lebaran, Heri sudah menyiapkan sejumlah langkah. Seperti misalnya, ia meminta masyarakat pro aktif melaporkan kepada pemerintah.

“Kalau ada kelangkaan harga atau naiknya terlalu tinggi laporkan kepada kami, agar kami bisa berkoordinasi dan mendapatkan solusinya,” tandas Heri.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler