fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pasang Belasan Lampu PJU di Jalur Wisata, Dishub Anggarkan Hampir 900 Juta

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul berencana untuk memasang 17 lampu penerangan jalan umum di sepanjang ruas jalan kabupaten. Adapun pagu anggaran untuk proyek ini adalah sebesar Rp. 892 juta. Sejumlah titik di jalur wisata akan dipasang JPU anyar yang diklaim berkualitas canggih ini.

Kepala Bidang Perparkiran dan Penerangan Jalan Umum, Dishub Gunungkidul, Ely Siswanta mengatakan, 17 lampu tersebut berjenis LED. Rencananya lampu-lampu PJU ini akan dipasang di sepanjang jalan utamanya ruas jalan menuju ke obyek wisata.

“Tahun kemarin sempat mengajukan tapi tidak di-acc karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan covid,” kata Ely, Sabtu (18/09/2021).

Ely menambahkan, penerangan jalan sendiri sebagai upaya untuk meminimalisir tindakan kriminal dan juga kecelakaan lalu lintas. Mengingat Gunungkidul sendiri merupakan daerah tujuan pariwisata. Apalagi saat ini, pariwisata saat malam hari di obyek-obyek wisata terus berkembang. Sehingga membutuhkan fasilitas penunjang untuk semakin membuat wisatawan nyaman berkunjung.

“Harapannya keberadaan PJU sendiri bisa meminimalisir kriminalitas dan juga kecelakaan,” lanjutnya.

Adapun proses materisasi PJU sendiri masih dalam proses di BLP Kabupaten Gunungkidul. Targetnya, akhir tahun ini, 17 titik PJU tersebut telah bisa berfungsi sebagaimana semestinya.

Keberadaan PJU sendiri menjadi yang vital di Gununungkidul. Mengingat dari cakupan wilayah yang cukup luas, sejauh ini warga banyak yang mengeluhkan lampu penerangan yang minim. Kondisi yang gelap gulita saat malam hari tentunya menjadi sangat berbahaya bagi para pengguna jalan.

Frans Sandi misalnya, pegiat media sosial tersebut sering menemukan postingan yang mengeluhkan kurangnya penerangan di jalanan Gunungkidul. Termasuk, ia mengaku prihatin dengan predator seksual yang mulai meneror pengguna jalan di Gunungkidul.

“Termasuk kemarin itu seorang perempuan diraba di Jalan Karangmojo-Ponjong, sangat memprihatinkan di jalan besar tidak ada lampu,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler