fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembangunan Jalan Semanu-Karangmojo Segera Dimulai, Pemerintah Gelontor Anggaran 16 Miliar

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar-com-525357.hostingersite.com)– Jalur utama Semanu-Karangmojo yang belakangan ramai dibahas oleh masyarakat umum dan dikenal dengan jeglongan sewu akhirnya akan segera mendapatkan penanganan dari pemerintah. Proses pembangunan ruas jalan sepanjang 5,5 km akan segera dilakukan oleh pekerja lapangan.

Sebagaimana diketahui, jalan Semanu-Karangmojo yang melintas di Padukuhan Sokokerep hingga ke wilayah Kapanewon Karangmojo mengalami kerusakan cukup parah sejak beberapa waktu terakhir. Kondisi jalan utama tersebut banyak yang berlobang cukup dalam.

Untuk melintas di jalur tersebut, pengguna jalan harus berhati-hati. Sebab beberapa kali ada yang mengalami kecelakaan karena menghindari lobang yang ada. Penerangan jalan pun juga minim sehingga saat malam hari sangat gelap. Sebagai bentuk protes warga setempat karena jalanan yang rusak itu, beberapa waktu lalu sempat ada spanduk bertuliskan Wisata Jeglongan Sewu dan hal tersebut ramai di media sosial.

Berita Lainnya  Warga Mau Terima Resiko, Ribuan Hewan Ternak di Karangmojo dan Sekitarnya Akan Mulai Divaksin Anthrax

Ada juga warga yang memasang pohon pisang di jalur tersebut dengan maksud segera menjadi perhatian pemerintah untuk dilakukan perbaikan ataupun pembangunan.

“Sempat ada ruas jalur disini yang ditanami pohon pisang oleh warga kami. Bukan apa-apa tapi masyarakat menginginkan segera ada perhatian dari pemerintah untuk kondisi yang demikian,”ucap Lurah Semanu, Harto Muadzan.

Keresahan masyarakat atas jalan yang rusak ini akhirnya terjawab sudah. Tahun 2023 ini, pemerintah memggelontorkan anggaran untuk melakukan perbaikan di ruas jalan tersebut. Senin (21/08/2023) ini resmi dilakukan peletakan batu pertama dan segera akan dilanjutkan perbaikan jalan sepanjang 5,5 km.

“Alhamdulillah sudah akan dilakukan perbaikan, tentu harapannya akses masyarakat semakin mudah,” imbuh dia.

Berita Lainnya  Jamin Ketahanan Pangan Masyarakat, Ratusan Kalurahan Miliki Lumbung Pangan

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Kabupaten Gunungkidul, Irawan Jarmiko mengatakan, pembangunan ini menggunakan tiga sumber anggaran, DAK, PIWK dan Inpres Jalan Daerah Tahun 2023. Dimana anggaran DAK senilai Rp. 773.337.000 untuk penanganan 204 meter yakni pekerjaan dengan stuktur jalan, agregat, pelapis aspal BC dan WC dan bahu jalan beton.

“Sementara Anggaran PWIK senilai Rp. 773.158.000 untuk penanganqn 300 meter saat ini kontruksi sedang dilakakukan, “ papar Irawan.

Selain itu, ada sumber dana pembangunan ketiga berasal dari Kementrian PUPR melalui Inpres Jalan Daerah Tahun 2023 yang bersumber dari APBN mengentotkan anggaran Rp. 16.800.000.000. Adapun untuk pengerjaannya meliputi aspal 2 lapis, pekerjaan pemasangan batu dan pekerjaan beton stuktur fc 20 MPa.

Berita Lainnya  Rencana Ekspor Monyet Ekor Panjang, DIY Ajukan Kuota Ribuan Ekor

“Pelaksaan menggunakan DAK kan sudah, kemudian untuk yang PIWK dan anggaran pusat ini targetnya 31 Desember selesai,” ucapnya.

Semantara Bupati Gunungkidul, Sunaryanta mengatakan, pemkab fokus melakukan dua pembangunan baik fisik maupun Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya, pembangunan jalan yang dilakukan merupakan komitmen pemerintah dalam memlihara Gunungkidul salah satunya berkaitan dengan infrastruktur.

“Tujuannya kan banyak, akses ekonomi dan lain sebagainya. Ada empat jalan yang tahun ini menjadi perhatian kami,” tutup dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler