fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembebasan Lahan Tahun Ini, Kantor Samsat Segera Miliki Gedung Anyar

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) dan Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Gunungkidul rencananya akan dilakukan pemindahan. Sejumlah persiapan dan pembahasan sudah mulai dilakukan terkait pemindahan kantor ini. Komitmen untuk memberikan pelayanan yang lebih baik terhadap masyarakat menjadi pertimbangan utama pemindahan kantor ini. Kantor Samsat yang saat ini berlokasi di Padukuhan Rejosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari ini rencananya akan dipindah ke Padukuhan Mulyosari, Desa Baleharjo, Kecamatan Wonosari. Proses pembebasan lahan sendiri akan dilakukan pada tahun 2020 ini dan diharapkan pada tahun ini atau paling lambat tahun 2021 mendatang, proses pembangunan dapat segera berlangsung.

Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Gunungkidul, Pramana mengungkapkan, rencana ini sebenarnya telah digagas oleh jajarannya sejak beberapa tahun lalu. Atas berbagai proses dan pertimbangan, baru pada tahun ini kemudian rencana ini bisa direalisasikan tahun ini. Proses pembebasan lahan sebagai tahap pertama realisasi pembangunan kantor baru sendiri dipastikan dilakukan tahun 2020 ini.

“Insya Allah memang tahun ini untuk pembebasan lahan,” terang Pramana, Rabu (05/02/2020).

Ditambahkan oleh Kepala Bidang Pendaftaran dan Penetapan Samsat Gunungkidul, Singgih Margono mengungkapkan, pihaknya terus mematangkan terkait rencana pembangunan kantor anyar Samsat. Koordinasi lintas sektoral sendiri telah dilakukan.

“Tahun ini untuk lahannya sendiri kami ada gambaran di sekitar ring road selatan. Sekitar perumahan Bukit Sari, Desa Baleharjo itu kan ada lahan cukup luas,” terang Singgih.

Lahan seluas 5000 meter persegi rencananya akan dibebaskan oleh Pemda DIY nantinya. Adapun perpindahan kantor pelayanan ini mengacu pada sejumlab kondisi. Diantaranya yang menjadi pertimbangan adalah lantaran semakin banyaknya kendaraan sehingga kantor Samsat membutuhkan perluasan kantor. Dalam hal ini agar pelayanan kepada masyarakat tetap prima.

“Ada banyak acuannya. Ini (kantor lama) kan kurang luas, biar semuanya enak dan nyaman. Jadi dilakukan pemindahan agar memiliki gedung yang standar pelayanannya jauh lebih baik,” ujar dia.

Meski begitu, dalam prosesnya nanti tidaklah instan. Membutuhkan waktu yang tidak sebentar dalam pembangunannya menginga anggaran yang dibutuhkan juga banyak. Segala sesuatunya disebutnya membutuhkan perhitungan yang matang.

“Bisa saja tahun ini pembebasan lahan, tahun depan baru proses pembangunan. Pemindahan ini kaitannya dengan untuk pelayanan pajak 5 tahunan kan pasti membludak to kendaraan yang masuk,”tambahnya.

Untuk kantor lama sendiri nantinya akan digunakan pelayanan ataupun untuk arsip berkas-berkas yang dimiliki oleh instansi ini. Sejumlah terobosan juga terus dilakuan oleh KPPD agar mendorong masyarakat dalam pembayaran pajak kendaraan. Mulai dari pendekatan pada masyarakat hingga membukan sejumlah cabang pelayanan. Belum lagi pengoptimalan dalam menggunakan sosial media, sehingga wajib pajak dapat memantau mobil keliling atau pelayanan lain di masing-masing daerah.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler