fbpx
Connect with us

Pendidikan

Pembelajaran Jarak Jauh Diakui Kurang Maksimal, Disdikpora Pastikan Siswa Kembali Masuk Sekolah pada Awal Tahun 2021

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Menteri Pendidika. dan Kebudayaan Republik Indonesia, Nadiem Makarim memberikan lampu hijau kepada insan pendidikan untuk memulai kegiatan belajar mengajar tatap muka mulai awal tahun 2021 mendatang. Menyikapi keputusan tersebut, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul juga memastikan sekolah di Gunungkidul akan memulai kegaiatan tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan awal tahun depan. Denga demikian hal ini juga menjadi solusi atas kurang maksimalnya kegiatan pembelajaran jarak jauh yang selama ini dilakukan.

Kepala Disdikpora Gunungkidul, Bahron Rasyid mengatakan, nantinya setelah Penilaian Akhir Semester usai akhir tahun 2020 ini, pihaknya akan melakukan uji coba KBM. Namun, untuk berapa lama masa uji coba ini nantinya menyesuaikan dengan eskalasi penyebaran covid-19 usai sekolah kembali dibuka.

“Masih sama seperti sekarang, kita memang harus among kahanan. Pembelajaran jarak jauh memang tidak bisa maksimal,” kata Bahron, Senin (23/11/2020).

Bahron memastikan fasilitas protokol kesehatan seluruh sekolah di Gunungkidul sudah siap. Misalnya saja seperti fasilitas cuci tangan dan masker cadangan.

“Untuk pengadaan juga menggunakan bantuan operasional,” jelas Bahron.

Pihaknya nanti juga akan melakukan koordinasi dengan seluruh kepala sekolah di Gunungkidul mengenai skema KBM di tengah pandemi. Terutama untuk jaga jarak antar satu siswa dengan siswa lainnya.

“Kami minta sekolah juga disiplin dalam menjaga protokol kesehatan,” ujarnya.

Ia berharap, dengan KBM di masa pandemi ini akan bisa memakimalkan kompetensi dasar masing-masing siswa. Ia menyadari hubungan antar siswa serta hubungan siswa dengan guru akibat belajar di rumah cukup minim.

“Nanti skemanya seperti apa akan kami bahas. Istilahnya untuk memperbaiki pembelajaran selama bdr,” pungkas Bahron.

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Tepus, Heriyanto mengatakan, sekolahnya sudah siap melaksanakan KBM tatap muka. Termasuk juga dengan protokol kesehatan yang sudah disiapkan sekolahnya.

“Semua sudah siap untuk menyambut kembalinya KBM di masa pandemi,” tandas Heri.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler