fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Dianggap Lebih Akurat, Pemerintah Manfaatkan SID Sebagai Sarana Pantau Jumlah Pemudik

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul nampaknya serius memantau pergerakan para pemudik yang masuk ke wilayah Bumi Handayani. Tiap desa, tiap kecamatan dikoordinasikan untuk melaporkan jumlah perantau yang datang.

Saat ini, Pemkab Gunungkidul memanfaatkan Sistem Informasi Desa (SID) untuk memantau pergerakkkan pemudik. Upaya ini dilakukan lantaran aplikasi tersebut dianggap lebih akurat.

Pendataan melalui SID lebih akurat apabila dibandingkan dengan laporan dari terminal karena tidak semua pemudik menggunakan kendaraan umum,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul Kelik Yunianto, Minggu (05/04/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, keakuratan data pemudik terjadi lantaran pendataan langsung dilakukan di setiap desa dengan melibatkan RT, RW hingga kepala dusun. Tak hanya itu, petugas dari Puskesmas tidak luput dari peran serta pantauan.

Pendataan juga dilakukan di posko-posko khusus yang didirikan oleh Pemkab Gunungkidul. Namun hanya ada sekitar 11 posko yang melakukan pemeriksaan tersebut, dan posisinya di jalur masuk wilayah kabupaten,” jelas Kelik.

Dengan SID, kondisi kesehatan para pemudik juga bisa cepat diketahui. Dengan sistem laporan yang diterima sebagai upaya penyebaran Covid19.

Tingkat keaktifan pemerintah desa juga membuat pengelolaan SID berjalan sangat baik,” kata Kelik.

Terpisah, Wakil Bupati Gunungkidul sebagai Ketua Gugus Tugas, Immawan Wahyudi menjelaskan, SID di Gunungkidul telah dikembangkan sejak 2013 lalu. Awalnya, aplikasi ini dibuat sebagai bagian dari penembangan desa di Gunungkidul.

SID bisa digunakan untuk mengetahui perkembangan demografi penduduk serta layanan di desa. Potensi desa pun bisa dipantau melalui laporan yang masuk lewat aplikasi ini,” jelasnya.

Pihaknya berharap, pemanfaatan SID semakin dioptimalkan. Khususnya dalam membantu Tim Gugus Tugas Penanganan Covid19.


 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler