fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Pastikan Stok Hewan Kurban Aman dan Melimpah

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Kabupaten Gunungkidul dikenal sebagai gudang ternak di DIY. Tak jarang warga dari luar daerah berburu hewan ternak hingga ke Gunungkidul, khususnya saat menjelang perayaan Idul Adha seperti saat ini. Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, mengklaim melimpahnya hewan ternak di Gunungkidul mampu mencukupi kekurangan hewan kurban di daerah lain.

Di sela-sela pemantauan hewan ternak di Pasar Hewan Siyono, Kamis (22/06/2023), ia mengatakan ketersediaan hewan ternak siap kurban di Gunungkidul sangat melimpah. Dari data yang ia terima terdapat sekitar 18 ribu ekor sapi dan 27 ribu ekor kambing yang siap dijadikan hewan kurban. Disebutnya melimpahnya hewan kurban di Gunungkidul tidak hanya mampu mencukupi kebutuhan di Gunungkidul saja melainkan juga mampu mencukupi kebutuhan hewan kurban di daerah lain.

Berita Lainnya  Ribuan Warga Ngalang Penerima BST dan PKH Dapat Tambahan Bantuan Beras

“Bahkan sampai ke Jakarta, Bogor, Semarang, dan juga daerah di sekitar Gunungkidul karena populasi disini sangat tinggi,” terang Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto.

Dikatakannya, hal ini merupakan tren positif bagi perbaikan perekonomian di sektor peternakan setelah dihantam sejumlah penyakit menular. Dari pantaunnya, truk-truk pengangkut hewan ternak mulai memadati pasar hewan pagi ini. Ia menghimbau kepada peternak agar senantiasa memperhatikan kesehatan hewan ternaknya khususnya menjelang Idul Adha.

“Tentu kami harapkan peternak bisa menjaga kesehatan hewannya agar konsumen merasa terpuaskan dengan kualitas hewan yang dibelinya,” terang Heri.

Terkait harga hewan, ia mengatakan jika harga hewan ternak siap kurban mengalami peningkatan sekitar 10%. Menururtnya kenaikan yang terjadi masih bersifat wajar khususnya saat menjelang idul adha seperti saat ini.

Berita Lainnya  Dinas Dorong Kalurahan Salurkan BLT Tahap 5 Sebelum Lebaran

“Untuk harga saya kira masih wajar karena sekarang sudah dekat idul adha. Kami harapkan juga ketika pasar sudah penuh agar pembeli ini bisa bertransaksi diluar pasar untuk menghindari penularan penyakit di hewannya,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul, Retno Widiastuti, mengatakan ketersediaan hewan kurban di Gunungkidul sangat melimpah. Saat ini sejumlah pengusaha hewan ternak mulai mengurus dokumen untuk memberangkatlan hewannya ke luar daerah. Ia menyarankan agar pengusaha yang akan mengirimkan hewannya ke luar daerah dapat segera mengurus dokumen yang diperlukan agar bisa segera diproseskan.

“mengurusnya jangan mendadak, karena butuh beberapa hari untuk menyelesaikannya,” tutup Retno.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler