fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pemerintah Targetkan Mall Pelayanan Publik di Terminal Selang Beroperasi Mulai Akhir Tahun

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Rencana Pemkab Gunungkidul untuk membuat Mall Pelayanan Publik di kawasan Terminal Dhaksinarga, Kalurahan Selang, Kapanewon Wonosari semakin nyata. Proses persiapan dan renovasi akan segera dilakukan. Pemerintah menargetkan, pelayanan bagi masyarakat tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya pada akhir tahun 2020.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPT) Gunungkidul, Irawan Jatmiko mengungkapkan saat ini persiapan sudah mulai dilakukan untuk membuat mall pelayanan publik di kawasan Terminal Dhaksinarga. Rencananya November besok, akan dilakukan renovasi di gedung terminal lantai dua yang akan difungsikan sebagai mall pelayanan publik.

“Ada renovasi dulu pada ruangan yang ada. Disesuaikan dengan kebutuhan, mulai dari pemasangan oartisi kaca, AC, backdrop dan lainnya,” kata Irawan Jatmiko, Kamis (22/10/2020).

Kemudian setelah renovasi tersebut, akhir tahun tepatnya bulan Desember mall pelayanan publik sudah dapat dioperasikan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Gunungkidul.

Berita Lainnya  Sertifikat Tanah Nasabah Tertahan Koperasi Ilegal, Dinas dan Polisi Siap Turun Tangan

“Desember mulai operasional,” paparnya.

Nantinya organisasi perangkat daerah akan memboyong unit pelayanannya di mall pelayanan publik ini. Adapun OPD yang akan membuka layanan ditahap awal yaitu DPMPT, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), dan Dinas Sosial.

“Nanti akan dilakukan secara bertahap pemindahannya. Begitu pula dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) termasuk instansi vertikal nanti juga akan membuka layanan di sana. Semua sama pelayanannya seperti di kantor,” tambah Irawan.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dukungan Kemenhub juga besar untuk pembangunan sarana dan prasarana mall pelayanan publik di terminal. Ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemda dan Kemenhub. Adanya mall pelayanan publik di Gunungkidul ini menjadi satu-satunya pelayanan masyarakat yang berada di terminal.

Berita Lainnya  Surat Edaran Bupati Turun, Perusahaan Wajib Bayarkan THR Seminggu Sebelum Hari Raya

“Harapannya dengan mall pelayanan publik ini akan meningkatkan dan memudahkan pelayanan dari seluruh OPD untuk masyarakat di satu tempat. Juga menghidupkan aktivitas terminal lagi, menumbuhkan aktivitas ekonomi di terminal dan pengembangan perkotaan,” jelas Irawan.

Pelayanan bagi masyarakat akan lebih efektif dan efisien. Tujuan menghidupkan aktifitas di kawasan terminal karena selama ini aktifitas di sana sangatlah minim. Hanya terjadi pada jam tertentu, dan selebihnya sepi tidak ada aktifitas.

Sehingga nantinya para pengunjung terminal tidak hanya menunggu jadwal keberangkatan bus saja, melainkan juga bisa mengakses pelayanan perizinan ataupun kependudukan.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler