fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pendaftar Lebih Tinggi dari Kuota, Minat Transmigrasi Warga Gunungkidul Kian Tinggi

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Minat warga Gunungkidul untuk meninggalkan Bumi Handayani sebagai transmigran masih cukup tinggi. Hal tersebut ditunjukan dengan masih banyaknya jumlah warga yang berangkat ke luar jawa untuk mengadu nasib dengan harapan mendapat kesuksesan di luar sana. Belasan KK telah mendaftarkan diri sebagai calon transmigran dari Kabupaten Gunungkiful

Kepala Bidang Transmigrasi, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Wahid mengatakan, selama ini minat masyarakat Gunungkidul untuk melakukan transmigrasi masih sangat tinggi. Setiap tahunnya selalu ada warga mendaftarkan diri untuk ikut program ini, hanya saja kuotanya memang dibatasi.

Tahun ini kita dapat 10 kuota dari pemerintah untuk transmigrasi,” kata Wahid, Senin (24/05/2021).

Kuota tersebut meliputi 2 KK ke Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat, 3 KK ke Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara, dan 5 KK ke Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara. Saat ini sudah ada 12 pendaftar yang berniat untuk mengikuti program transmigrasi tersebut.

Sosialisasi ke masyarakat sudah kita lakukan sejak beberapa waktu lalu. Untuk saat ini pemantapan para pendaftar ini, sebab ada yang menginginkan ke Kalimantan tapi kuota kita seluruhnya ke Sulawesi,” imbuhnya.

Sementara pendaftaran calon transmigran ini terbuka sepanjang tahun. Hanya untuk pemberangkatan menyesuaikan dengan antrian pendaftar dan alokasi penempatan.

Untuk keberangkatan kemungkinan diakhir tahun,” imbuhnya.

Pemantapan yang dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan para pendaftar tersebut. Setelah itu baru tahapan seleksi administrasi dan kelengkapan lainnya. Sebab mereka yang mengikuti program transmigrasi harus benar-benar tidak memiliki tanggungan cicilan di Gunungkidul.

Masih banyak yang minat ikut transmigrasi karena mereka termotivasi dengan kesuksesan warga lain yang ikut program ini,” tutup Wahid.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler