fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Gedung Puskesmas Megah Senilai 3,3 Miliar Diresmikan, Warga Purwosari Kini Terpapar Layanan Kesehatan Modern

Diterbitkan

pada

BDG

Purwosari,(pidjar.com)–Masyarakat Kecamatan Purwosari yang berada di ujung barat Kabupaten Gunungkidul saat ini bisa lebih nyaman dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Pada Selasa (16/01/2018) siang tadi, Bupati Gunungkidul, Badingah meresmikan pengoperasian gedung baru Puskesmas Purwosari. Dana sebanyak 3,2 miliar digelontorkan pemerintah untuk membangun gedung Puskesmas yang terhitung cukup megah untuk ukuran Gunungkidul tersebut.

Dalam sambutannya, Badingah meminta agar nantinya gedung ini bisa memberikan kenyamanan kepada warga masyarakat saat mendapatkan pelayanan kesehatan. Menurut penilaian Bupati, fasilitas gedung anyar ini sudah cukup komplit dan cukup menjamin masyarakat Purwosari mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang dekat, murah namun juga berkualitas.

“Tadi saya cek fasilitas maupun alat kesehatan dan ternyata semua sudah siap. Semoga gedung ini bisa meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata Badingah dalam sambutannya.

Berita Lainnya  Materi Geopark Diwacanakan Masuk ke Muatan Lokal Sekolah-sekolah di Gunungkidul

Bupati menambahkan bahwa ke depan, puskesmas nantinya tidak hanya memberikan layanan pengobatan masyarakat saja, namun juga memberikan edukasi terkait kesehatan. Prinsip lebih baik mencegah daripada mengobati harus pula dikedepankan dengan memberikan konsultasi kesehatan kepada warga yang masih sehat.

Ia menambahkan, pelayanan bagi warga masyarakat di wilayah selatan dan barat akan lebih dipermudah. Pasalnya, saat ini pemerintah tengah membangun RSUD Saptosari.

“Nantinya diharapkan akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang baik dan nyaman bisa semakin dekat jika RSUD Saptosari mulai dioperasikan,” lanjut dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul, Dewi Irawati mengatakan, Puskesmas Purwosari dibangun di lahan seluas 1100 meter persegi dengan luas lahan 5000 meter persegi dengan biaya Rp 3,2 miliar. Meski telah diresmikan, namun hingga saat ini masih ada beberapa fasilitas yang belum terselesaikan yakni aula dan talut.

Berita Lainnya  Usulan Kenaikan 7%, UMK Gunungkidul Masih Terendah se DIY

“Dalam waktu dekat ini akan segera dibangun sehingga masyarakat bisa mendapatkan kualitas pelayanan yang representatif dan modern sesuai standar kesehatan,” kata Dewi Irawati.

Menurutnya, Puskesmas Purwosari sudah melakukan rawat jalan sejak tahun1984 dan sudah melayani 5 desa dan ada 3 puskesmas pembantu. Sekarang, sudah terakreditasi madya ke depan bisa utama bahkan paripurna.

Kapolsek Purwosari AKP Budi Kustanto menambahkan, pihaknya menyambut gembira dengan peresmian gedung baru Puskesmas Purwosari. Hal ini menurutnya sangat sejalan dengan tuntutan pelayanan cepat dan profesional yang saat ini diusung oleh jajaran kepolisian. Ia melihat dengan fasilitas kesehatan yang modern dan nyaman semacam ini, akan mempermudah kerja polisi yang juga langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Berita Lainnya  Berantas Pungli, Kepala Dinas Ini Terjun Langsung Lakukan Kampanye

“Kita siap bekerja sama dengan pihak pemerintah ataupun Puskesmas Purwosari untuk bersama-sama memberikan pelayanan terbaik kepada warga masyarakat Purwosari,” tandas Budi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler