fbpx
Connect with us

Sosial

Pentingnya Vaksinasi Untuk Antisipasi Dampak Parah Covid19

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Vaksin diciptakan untuk membantu masyarakat mencegah penyakit. Untuk kasus pandemi covid19 yang saat ini tengah menjadi pandemi, vaksinasi sangat berguna dalam pembentukan imun dalam mencegah dampak fatal akibat penyakit tersebut. Di tengah penularan yang sangat tinggi saat ini, adanya vaksin menjadi harapan untuk menekan penularan covid19. Itulah mengapa setiap lapisan masyarakat wajib melakukan vaksinasi terhadap dirinya. Pemerintah sendiri tengah menggenjot vaksinasi kepada masyarakat. Saat ini, vaksin diberikan secara gratis.

Namun disayangkan, tak sedikit masyarakat yang beranggapan bahwa vaksin tidak cukup efektif menangani covid19. Kurangnya edukasi membuat masyarakat tak tahu kenapa harus divaksin. Terlebih di jaman sekarang masyarakat kerap kali mendapatkan ajakan-ajakan menolak vaksin melalui internet. Entah karena tingkat efikasi yang disebut rendah atau dampak yang ditimbulkan setelah vaksin menjadi disinformasi yang berkembang di media sosial untuk mengajak menolak program ini.

Padahal melalui vaksin, tubuh seseorang akan membentuk antibodi melawan virus covid19 tanpa harus sakit terlebih dahulu. Itu berarti vaksin mampu melindungi seseorang ketika terinfeksi virus covid19. Selain itu, vaksin juga dapat membantu mencegah tubuh seseorang dari sakit parah atau komplikasi serius saat terinfeksi covid19. Melalui vaksinasi, seseorang tak hanya melindungi dirinya sendiri, melainkan turut melindungi orang-orang di sekitarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty menjelaskan, data terakhir Juni 2021, capaian vaksinasi petugas medis sudah menyasar sebanyak 3.424 orang, petugas publik sudah menyasar 33.952 orang, dan lansia sudah divaksin sebanyak 36.389 orang. Jumlah ini menurutnya akan berkembang signifikan mengingat mulai beberapa waktu terakhir ini, vaksinasi tengah digenjot di berbagai tempat.

“Program vaksin terus dijalankan untuk mencapai target minimal 70% dari jumlah penduduk di Gunungkidul,” ucapnya beberapa waktu silam.

Vaksin yang beredar saat ini memang beragam. Namun ia menegaskan bahwa semua vaksin yang digunakan memiliki tujuan untuk membantu meningkatkan imunitas tubuh untuk mengenali dan melawan virus covid19. Untuk gejala yang ditimbulkan setelah vaksinasi itu tergolong wajar. Lantaran tubuh sedang membangun benteng perlindungan terhadap virus covid19. Vaksinasi juga diperuntukkan untuk siapa saja, termasuk bagi orang yang pernah terinfeksi covid19. Hal ini karena kemungkinan terjadinya infeksi ulang.

Meskipun telah divaksin, seseorang tak langsung kebal begitu saja terhadap covid19. Lantaran sistem perlindungan yang dibentuk oleh vaksin belum optimal, setidaknya sampai vaksinasi tahap kedua. Jadi, setelah divaksin masih perlu menjalankan protokol kesehatan yaitu tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menjauhi kerumunan.

“Kita berharap dengan penggenjotan vaksin ini, pandemi bisa segera selesai dan masyarakat bisa kembali beraktifitas secara new normal,” beber Dewi. (Roni)

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler