fbpx
Connect with us

Peristiwa

Penyekatan di Pintu Masuk Gunungkidul, Puluhan Kendaraan Plat Luar Daerah Dihentikan Petugas

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Jajaran kepolisian melakukan penyekatan di pintu perbatasan masuk Gunungkidul tepatnya di tikungan Hargodumilah, Patuk, Gunungkidul, Jumat (12/02/2021). Adapun pemeriksaan yang dilakukan yakni memeriksa surat keterangan bebas covid19 dengan dibuktikan dengan rapid tes antigen khusus kendaraan dari luar kota. Sementara yang belum memiliki surat keterangan bebas covid, pihak kepolisian memberikan fasilitas rapid antigen secara gratis yang dilakukan oleh dokter kepolisian.

Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Didik Purwanto mengatakan, hingga Jumat siang terdapat 35 pendatang dari luar kota yang terjaring razia. Mereka diwajibkan untuk melakukan rapid tes antigen.

“Di masa PSTKM ini salah satu pintu masuk wisatawan yang menjadi perhatian dari pemerintah karena banyak dari warga luar daerah melintas adalah di Hargodumilah,” kata Didik.

Setidaknya puluhan aparat disiagakan di wilayah perbatasan Gunungkidul dan Bantul ini. Para pengemudi kendaraan dengan plat luar kota diminta untuk menunjukkan surat keterangan bebas covid19.

“Mereka yang tidak bisa menunjukkan surat rapid antigen, langsung dirapid oleh dokpol, hasilnya 15 menit keluar,” ujar Didik.

Jika nantinya didapati warga yang reaktif, maka disuruh untuk putar balik dan isolasi di rumahnya. Hal ini sebagai antisipasi penularan covid19 di masa libur.

“Mayoritas mereka dari Solo, Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Tengah,” kata dia.

Adapun yang diswab sendiri hanya diambil sampel. Misalnya saja kendaraan roda dua dengan penumpang dua orang, maka yang dirapid ialah pengendara.

“Sementara kalau rombongan nantinya yang diswab supirnya,” turur Didik.

Rencananya, penyekatan sekaligus rapid antigen ini akan dilaksanakan hingga Minggu 14 Februari mendatang. Adapun waktu pemeriksaan akan dilaksanakan secara random.

“Untuk waktu nanti random, di jam-jam padat kendaraan,” pungkas Didik.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler