fbpx
Connect with us

Sosial

Perantau Saweran Hingga Ratusan Juta, Warga Klampok Kini Punya Jalan Layak

Diterbitkan

pada

BDG

Semin, (pidjar.com)– Warga Padukuhan Klampok, Kalurahan Kalitekuk, Kapanewon Semin, kini mempunyai jalan yang layak. Yang cukup mencengangkan, pembangunan jalan sepanjang 1.563 meter yang diresmikan Kamis (19/01/2023) ini menggunakan dana saweran dari perantau yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Klampok di Jabodetabek. Adapun untuk pembangunan jalan corblok tersebut menghabiskan anggaran mencapai ratusan juta.

Panitia Pembangunan Jalan, Wasono Raharjo, menyebut, pembangunan jalan dilaksanakan secara swadaya oleh warga sejak sekitar dua bulan silam. Pembangunan jalan sepanjang 1.563 meter itu memakan biaya Rp. 340 juta. Untuk dana sendiri didapatkan dari hasil dari saweran para perantau.

Pihaknya dan para warga Klampon yang merantau berharap, pembangunan jalan ini bisa mempermudah akses jalan bagi warga Padukuhan Klampok sehingga berdampak pada munculnya geliat ekonomi warga.

“Di sini ada beberapa sektor ekonomi dan peternakan yang sedang berkembang. Harapan kita dengan adanya akses jalan ini, perekonomian akan meningkat,” jelasnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengatakan Pemerintah Kabupaten Gunungkidul belum mampu melakukan perbaikan jalan dikarenakan keterbatasan anggaran yang dimiliki. Dirinya pun mengucapkan terimakasih atas partisipasi Ikatan Keluarga Klampok yang berkontribusi dalam pembangunan jalan.

Dijelaskannya, ruas jalan keseluruhan di Kabupaten Gunungkidul mencapai 1.136 kilometer yang mana jalan sepanjang 286 kilometer diantaranya dalam kondisi rusak berat. Sedangkan kebutuhan anggaran untuk memperbaikinya mencapai Rp. 600 miliar.

“Untuk anggaran perbaikan jalan kita saat iki hanya Rp. 80 miliar, sehingga butuh kesabaran agar pemerintah mampu memperbaiki semuanya,” ucap Sunaryanta.

Lurah Kalitekuk, Waluyo, menambahkan jika kegiatan pembangunan jalan belum sepenuhnya rampung. Pihaknya berharap Pemkab dapat melanjutkan pembangunan sehingga seluruhnya dapat diselesaikan tahun ini.

“Di sisi timur pembangunannya masih kurang sekitar 200 meter,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler