fbpx
Connect with us

Sosial

Peringati 5 Windu Koperasi Marsudi Mulyo Sejahterakan Petani Gunungkidul

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)– Keberadaan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) beberapa tahun terakhir memang menjamur, namun dari ribuan koperasi yang beroperasi tidak semuanya lancar dan masuk dalam kategori sehat. Bahkan tak sedikit yang baru eksis beberapa tahun dan akhirnya gulung tikar. Berbeda dengan Koperasi Marsudi Mulyo yang dari tahun ke tahun terus berkembang mensejahterakan anggotanya di usia 40 tahun.

Manager Koperasi Marsudi Mulyo, Diana Ramadanti mengatakan, Koperasi Marsudi Mulyo sudah berdiri sejak tahun 1982 silam, anggotanya dulu masih dapat dihitung dengan jari. Namun berkat kegigihan pengurus dan kepercayaan masyarakat maka koperasi ini bisa bertahan di usia 5 windu, sejumlah program pendampingan juga dilakukan untuk memberikan kesejahteraan yang leboh lagi.

Berita Lainnya  Rawan Terjadi Bencana, 4 Titik Ini Jadi Fokus Mitigasi Pemerintah

“September ini Koperasi Marsudi Mulyo memasuki usia 40 tahun, hal yang luar biasa. Kami pengurus berupaya membuat terobosan agar anggota menjadi sejahtera bergabung dengan koperasi kami,” jelas Diana.

Adapun saat ini, aset koperasi Marsudi Mulyo mencapai 68 miliar dengan jumlah anggota 6.665 orang yang tersebar di 11 Kapanewon di Gunungkidul. Unit pelayanan pun juga tersebar di beberapa kapanewon untuk memudahkan anggota mendapatkan layanan baik.

“Anggota kami 80 persen adalah petani. Koperadi Marsudi Mulyo tidak semerta-merta hanya simpan pinjam tapi kita lakukan pendampingan agar anggota bisa memutarkan uang mereka dalam program ekonomi kreatif, misalnya pendampingan usaha kurungan, jenang, ternak kelici, ternak sapi dan lainnya,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Deklarasikan Gerakan Blonjo Warung Tonggo, Ketua DPRD: Supaya Perputaran Uang Langsung Untuk Rakyat

Di usia yang sudah tergolong lama ini, koperasi Marsudi Mulyo juga membuka unit usaha baru yaitu dengan dibangunnya sebuah toko dan grosir dengan harga yang terjangkau. Produk UMKM milik anggota dan lainnya dipajang untuk diperjual belikan.

“Unit usaha baru ini berjalan 2 tahun. Tentu kedepan kita memiliki target agar ada program-program lain dan menambah jumlah nasabah,” paparnya.

Puncak acara peringatan HUT Koperasi Marsudi Mulyo diadakan sejumlah kegiatan sosial dan hiburan. Minggu pagi diadakan senam masal bersama dengan anggota di Lapangan Piyaman, diadakan pula santunan terhadap anak asuh sebanyak 20 orang, dana anak yatim, dan undian doorprize dengan hadiah utama sepeda motor.

Berita Lainnya  Bermunculan Banyak Klaster, Kemenag Pantau Ibadah Masyarakat Saat Bulan Ramadhan

Acaranya pun berlangsung sangat meriah dan dihadiri Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Bersama dengan para anggota koperasi, orang nomor satu di Bumi Handayani ini tak malu-malu membawakan lagu dan sesekali bercanda bersama.

Salah seorang anggota, Joni mengatakan, koperasi Marsudi Mulyo sangat membantu para anggotanya terutama pelaku UMKM dan para petani yang membutuhkan modal. Selain itu ada beberapa program pendampingan yang menguntungkan anggotanya.

“Selamat memasuki usia 40 tahun semoga semakin maju, sehat operasionalnya dan mampu lebih mensejahterakan anggotanya,” ujar Joni.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler