fbpx
Connect with us

Sosial

Produksi Sampah Selama Bulan Puasa Mengalami Penurunan

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Produksi sampah selama bulan puasa mengalami penurunan jika dibandingkan dengan produksi sampah dihari biasa. Berdasarkan data dari UPT TPAS Wukirsari, selama bulan April ini rata-rata sampah yang masuk ke tempat pembuangan sebanyak 47,69 ton perharinya.

Kepala UPT TPAS Wukirsari, Heri mengatakan, jika dibandingkan bulan sebelumnya pada April ini jumlah volume sampah mengalami penurunan mencapai 3 ton per harinya. Adapun perbadingan data yang ada, bulan Maret 2021 sampah masuk TPAS sebesar 50,72 ton per hari. Kemudian saat bulan puasa rata-rata per harinya 47,69 ton.

“Setiap bulan puasa memang produksi sampah menurun. Tapi nanti setelah lebaran melonjak,” kata Heri, Selasa (27/04/2021).

Namun meski saat lebaran mengalami peningkatan, untuk tahun ini diperkirakan tidak akan sebanyak pada beberapa tahun lalu.

Ia menjelaskan, berkaitan dengan penurunan ini karena aktivitas di daerah wisata tidak seramai hari biasanya. Sehingga kondisi ini juga berpengaruh terhadap produksi sampah di Gunungkidul. Sebab selain sampah rumah tangga, daerah wisata juga menyumbang produksi sampah yang banyak.

“Kalau untuk sampah rumah tangga stabil. Kita ambil dari wilayah kota,” jelas dia.

Saat bulan puasa ini juga terdapat perubahan jam kerja bagi petugas pengambilan. Adapun diantaranya hari Senin sampai Kamis pengambilan sampah mulai dari jam 06.45 sampai 12.45 WIB. Kemudian Jumat 06.45 sampai 10.15 WIB dan Sabtu mulai jam 06.45 sampai 11.45 WIB.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler