fbpx
Connect with us

Pariwisata

Proyek Pembangunan Kawasan Parkir Nglanggeran, Pemerintah Siapkan Anggaran Miliaran

Diterbitkan

pada

BDG

Patuk,(pidjar.com)– Pemerintah Kabupaten Gunungkidul merencanakan pembangunan kawasan parkir Nglanggeran. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah akses wisatawan yang menggunakan kendaraan besar dan pribadi. Anggaran yang disiapkan oleh pemerintah di tahun 2023 ini sebesar 7,4 miliar rupiah.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohamad Arif Aldian mengatakan pembangunan kawasan parkir Nglanggeran ini adalah program penyelenghara keistimewaan Yogyakarta di bidang tata ruang. Dengan memanfaatkan ruang satuan ruang strategis Kasultanan Jogja dan Kadipaten Pakualaman serta pemanfaatan ruang strategis Karst Gunung Sewu.

Lokasi dibangunnya kawasan parkir ini nantinya berada di sekitar simpang empat Jalan Tawang. Pada tahap pertama ini, Dinas Pariwisata mengalokasikan anggaran sebesar 7,4 miliar rupiah yang diperuntukkan pengurugan lahan, penyesuaian DED Landmark dan lain sebagainya. Tahun berikutnya akan dianggarkan kembali sesuai dengan kebutuhannya.

“7,4 miliar untuk anggaran di tahap 1 ini sumbernya dari Dana Keistimewaan. Untuk pengerajaannya kemungkinan dilakukan di bulan Maret atau April 2023 dan dilanjutkan berikutnya,” kata Mohamad Arif Aldian.

Sejumlah persiapan mulai dilakukan, mulai dari.pembersihan lahan dan lain sebagainya. Adapun untuk lahannya sekitar 7.000 meter persegi, pembebasan lahan sendiri telah dilakukan di tahun lalu dengan anggaran sekitar 1 miliar rupiah. Lokasinya pun dipilih yang strategis dengan maksud dapat mendukung pariwisata dan wisatawan yang melintasi jalan baru zona utara Tawang-Gading.

Pengelola destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan, program pembangunan kawasan parkir adalah usulan dari pengelola wisata setempat dan Dinas Pariwisata Gunungkidul. Dengan dibangunnya kawasan parkir dapat memudahkan wisatawan. Selain mempersiapkan terkait dengan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, ada PR lain yang juga harus diperhatikan yalni berkaitan dengan tata kelola.

“Tentunya beberapa hal termasuk tata kelola harus diperhatikan, agar kedepannya berfungsi dengan baik,” ucap dia.

Kawasan ekonomi di wilayah Nglanggeran memang tengah diperhatikan oleh pemerintah. Selain pembangunan kawasan parkir, jalan menuju Nglanggeran dari beberapa sisi juga akan dibangun oleh pemerintah menggunakan Dana Alokasi Khusus.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler