fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Proyek Pembangunan Sentra Industri Pathilo di Krakal, Pemkab Anggaran Hingga 4 Miliar

Diterbitkan

pada

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul berencana membangun sebuah bangunan sebagai pusat atau sentra industri pathilo di Kapanewon Tanjungsari. Rencananya, sentra industri ini akan dibangun di kawasan Pantai Krakal. Pemerintah sendiri menggelontorkan anggaran hingga miliaran rupiah untuk proyek ini.

Kepala Bidang Perindustrian, Dinas Koperasi UKM, dan Tenanga Kerjsa Transmigrasi Gunungkidul, Wahid Supriyadi mengatakan, konsep pembangunan sentra pathilo ini nantinya akan menjadi sebuah show room bagi indusri kecil menengah di Gunungkidul. Sekaligus juga nantinya sebagai lokasi edukasi berkaitan dengan proses produksi dan pemasaran pathilo asli Tanjungsari.

“Nanti di sana sebagai pusat pemasaran pathilo dan wisatawan yang masuk bisa melihat proses produksinya. Semacam open kitchen begitu,” kata Wahid Supriyadi, Jumat (11/02/2022).

Bangunan tersebut rencananya akan dibangun di lahan seluas 300 meter persegi yang berada di kawasan parkir terpadu Pantai Krakal. Untuk anggaran sendiri, pihaknya menganggarkan dana sebesar 3,4 miliar yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus yang didapat oleh Pemkab Gunungkidul.

“Untuk pengadaan alat produksi dan lainnya sebesar 758 juta. Kalau khusus bangunannya sebesar 3,4 miliar rupiah,” terang dia.

Menurutnya sekarang ini, proses pembangunan sentra industri pathilo Krakal ini masih dalam proses review DED dan RAB menyesuaikan dengan ketentuan terbaru dari Peraturan Menteri PUPR dan harga barang saat ini. Untuk bangunan sendiri akan dibangun 2 lantai dan penggunaannya untuk sementara dkhususkan hanya untuk pemasaran pathilo. Hal ini mengacu pada pertimbangan lokasi terdekat dan yang memungkinkan. Namun ke depan, akan dilakukan perluasan komoditas sembari menunggu perkembangan rencana pembangunan Pasar Tematik.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler