fbpx
Connect with us

Sosial

Puluhan Pasangan Langsungkan Pernikahan Pada Tanggal Cantik 02022020

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Tanggal 2 Februari 2020 memang merupakan tanggal yang cantik. Tak heran ada banyak event spesial yang sejak jauh hari direncanakan oleh khalayak, termasuk yang paling banyak adalah pernikahan. Para pasangan memilih angka 02022020 ini untuk memberikan kesan mendalam dalam momen terpenting dalam kehidupan mereka tersebut. Di Gunungkidul sendiri, tercatat puluhan pasangan melangsungkan pernikahan pada Minggu (02/02/2020) kemarin.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Gunungkidul, Aidi Johansyah mengakui bahwa pada hari kemarin meskipun hari libur, pihaknya cukup sibuk untuk menikahkan warga yang telah sejak jauh-jauh hari mengajukan permohonan. Peningkatan yang terjadi sendiri menurut Aidi cukup signifikan dibandingkan dengan hari-hari biasa.

“Memang banyak yang ingin menikah di tanggal cantik ini. Sangat meningkat jika dibanding dengan hari biasa,” ujarnya, Senin (03/02/2020).

Dari data yang ia miliki, pasangan yang menikah pada hari Minggu kemarin tercatat sebanyak 34 pasang. Pernikahan terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Wonosari di mana ada 9 pasangan yang menikah. Ia beberkan lebih lanjut, selain 9 pasangan di Kecamatan Wonosari, ijab qabul juga dilakukan pihaknya di Kecamatan Karangmojo ada 2 pasangan, Gedangsari ada 1 pasangan, Ngawen ada 5 pasangan, Semanu ada 2 pasangan, Saptosari 1 pasangan, Tepus 2 pasangan, Purwosari ada 2 pasangan, Patuk ada 2 pasangan, Panggang 1 pasangan, Ponjong 4 pasangan, Playen 3 pasangan dan Semin 1 pasangan.

“Hanya ada tiga kecamatan yang tidak ada pasangan yang menikah pada Minggu kemarin, masing-masing yaitu Paliyan, Girisubo, Tanjungsari dan Nglipar,” imbuhnya.

Dilanjutkannya, sangat banyaknya pasangan yang memilih menikah pada 2 Februari ini menunjukkan bahwa saat ini, selain hitung-hitungan Jawa, masyarakat juga mempertimbangkan angka-angka cantik pada penanggalan Masehi. Ada kemungkinan nantinya pada tanggal 20 Februari 2020 yang juga merupakan angka cantik, akan kembali banyak pasangan yang menikah.

Adapun dua pasangan dari Kecamatan Patuk melaksanakan akad nikah di tanggal cantik kemarin adalah Dewi Lestariningsih warga Padukuhan Putat Wetan, Desa Putat, Kecamatan Patuk yang dipersunting oleh Panji Handoyo warga Pakel, Desa Hargosari, Kecamatan Tanjungsari. Pasangan lain adalah Ns Rosi Fahmilia warga Plosokerep, Desa Bunder, Kecamatan Patuk yang menikah dengan Moh Rosyid Heru Pramudianto warga Sidoarjo, Jawa Timur.

Ibu dari Rosi Fahmilia, Alfimi Margoruti menuturkan, anaknya memang menginginkan menikah pada Minggu kemarin. Keinginan ini sendiri sudah diutarakan sejak jauh-jauh hari. Karena menganggap jika tanggal 2 Februari 2020 tersebut merupakan tanggal yang cantik 02-02-2020 di mana jika dibolak-balik atau dibaca dari depan dan belakang urutan angkanya tetap sama.

“Itu katanya karena tanggalnya cantik,” ujarnya.

Meskipun saat sebenarnya di Gunungkidul saat ini masih berpegang teguh pada hari baik di mana biasanya hari baik tersebut dihitung oleh tetua kampung ataupun tokoh adat, namun Alfimi mengaku tidak bisa menolak keinginan anaknya tersebut. Ia pun mendukung penuh keputusan anaknya untuk menikah di hari yang merupakan permintaan khusus tersebut.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler