fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Puluhan Ribu Lansia di Gunungkidul Akan Terima Vaksin Covid-19

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul akan melakukan vaksinasi covid-19 bagi warga lanjut usia (lansia) dalam waktu dekat ini. Rencananya bakal ada sekitar 80 ribu orang yang mendapat vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan target vaksinasi bagi lansia sebanyak 80.000 orang. Jumlah ini didapat dari KPC PEN Pusat yang kemudian diberikan ke daerah. Saat ini, pemerintah tengah melakukan pendataan ulang bagi data real penerima vaksin lansia.

“Targetnya 80.000 lansia tapi ini kita lakukan pendataan ya, by name by addressnya,” kata Dewi Irawaty, Rabu (07/04/2021).

Ia menjelaskan, pendataan yang dimaksud adalah masing-masing RT melakukan pendataan terdapat berapa lansia di wilayahnya. Kemudian disetorkan di kalurahan dan nanti baru serahkan ke Dinas Kesehatan.

Meski demikian, bisa juga dilakukan pendaftaran vaksin juga bisa dilakukan oleh perorangan atau mandiri secara online. Untuk vaksinasi lansia, pemerintat telah menyiapkan dosis vaksin yang dibutuhkan.

“Tentu sudah kami siapkan meskipun distribusinya bertahap tapi InsyaAllah aman untuk memenuhi kebutuhan,” jelas Dewi.

Sampai dengan hari kemarin, sudah ada lansia sebanyak 182 oramg yang mendapatkan vaksinasi dari pemerintah. Untuk vaksinasi tenaga medis sudah melebihi target dan untuk pelayan publik seperti ASN, TNI Polri, pedagang, tukan ojek dan lainnya masih berlangsung.

“Masyarakat tidak perlu takut. Kalau datanya sudah tercantum sebagai penerima vaksin ya dilaksanakan vaksinasi,” imbuh dia.

Beberapa waktu lalu, Wakil ketua DPRD Gunungkidul, Heri Nugroho mengatakan vaksinasi ini sangat penting dilakukan untuk memproteksi diri dan meningkatkan kekebalan. Masyarakat tidak perlu bimbang jika telah terdaftar dalam penerima vaksin.

“Petugas publik ini kan berhadapan dengan banyak orang ya, tidak tau bagaimana kondisinya jadi memang sangat perlu. Termasuk dengan lansia di Gunungkidul juga sangat perlu,” tandas Politisi Partai Golkar ini.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler