fbpx
Connect with us

Pendidikan

Puluhan SMP Negeri Kekurangan Murid, Dinas Perpanjang Masa Pendaftaran Sekolah

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah selesai sejak tanggal 24 Juni 2021 silam. Namun demikian , Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga memberi keleluasaan bagi Sekolah Negeri yang masih kekurangan siswa untuk dapat menerima peserta didik sampai dengan 12 Juli 2021 mendatang.

Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Gunungkidul,Kiswara mengatakan ada 34 SMP Negeri yang melaporkan jika sekolah mereka kekurangan siswa dari jumlah sedikit hingga puluhan siswa. Maka dari itu, Dinas memberikan kesempatan untuk sekolah dapat memperpanjang waktu penerimaan peserta didik sampai dengan 12 Juli mendatang.

“Dari 34 SMP Negeri itu jumlahnya ada 789 kursi yang masih kosong,” kata Kiswara, Jum`at (02/07/2021).

Sebagai contohnya, sekolah yang kekurangan banyak siswa adalah SMPN Paliyan sebanyak 60 siswa, SMPN 1 Purwosari 47 siswa, SMPN 3 Semin 66 siswa, SMPN 2 Tepus 81 siswa, dan lainnya. Komunikasi sendiri telah dilakukan oleh para kepala sekolah dengan dinas dalam menyikapi masih kurangnya siswa di setiap sekolah.

Kiswara menjelaskan, faktor yang mempengaruhi masih tersisanya kuota di masing-masing sekolah karena jumlah kursi lebih banyak dibandingkan dengan angka kelulusan siswa Sekolah Dasar. Menurutnya tahun ini daya tampung SMPN di Gunungkidul sebanyak 10.356 murid, sedangkan lulusan SD ada 9.948.

“Jumlah kursi di SMP Negeri lebih banyak jika dibandingkan dengan jumlah lulusan dari SD,” imbuhnya.

Disisi lain, saat ini sekolah swasta dan MTS juga mutu pendidikannya mengalami peningkatan dan tidak kalah dengan sekolah negeri. Banyak pula siswa yang lebih memilih mengenyam pendidikan di MTS ataupun sekolah swasta di kota dengan segala fasilitas yang memadai.

“Bisa juga sekolah swasta atau MTS yang ada di dekat tempat domisili sehingga menjadi pilihan mereka. Kemudian kualitas pendidikan di swasta dan MTS yang juga tidak kalah bagus ini menjadi salah satu faktor juga,” paparnya.

Kepala SMP Negeri 4 Nglipar, Tri Harjono mengatakan di sekolahnya kekurangan siswa sebanyak 9 orang. Maka dari itu, pihak sekolah memperpanjang masa penerimaan siswa secara offline sampai dengan 12 Juli 2021 mendatang. Kuota di sekolah yang berada di sisi utara Kota Wonosari ini, tiap kelas menampung 32 siswa.

“Kami masih membuka pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada,” terang Tri Harjono.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler