fbpx
Connect with us

Sosial

Puluhan Tahun Tak Pernah Dapat Perbaikan, Masyarakat Gunung Gambar Urunan Puluhan Juta Perbaiki Jalan

Published

on

Ngawen,(pidjar.com)–Geliat masyarakat Padukuhan Gunung Gambar, Desa Kampung, Kecamatan Ngawen dalam mengembangkan pariwisata setempat nampaknya tak terbendung lagi. Meski hingga saat ini perhatian dari pemerintah sangat minim, masyarakat memilih untuk bergandengan tangan bergotong royong dalam memperbaiki fasilitas di obyek unggulan mereka itu. Baik tenaga maupun dana rela digelontorkan oleh warga Gunung Gambar agar para wisatawan semakin nyaman berkunjung.

Salah satu yang menjadi perhatian warga adalah akses jalan. Hingga saat ini, jalur menuju obyek wisata tak kunjung mendapatkan pembangunan dari pemerintah. Akibatnya, kondisi jalan menjadi sangat memprihatinkan. Lubang-lubang menganga terdapat di sejumlah titik sehingga selain membahayakan, juga membuat wisatawan maupun masyarakat menjadi kurang nyaman.

Gemas dengan kurangnya perhatian dari pemerintah tersebut, warga setempat kemudian nekat untuk melakukan perbaikan mandiri. Secara swadaya sejak 2019 lalu, masyarakat bekerja bakti untuk memperbaiki akses jalan mereka.

Ketua Rukun Warga 06 Padukuhan Gunung Gambar, Sulasna mengatakan, kondisi jalan di lingkungannya tersebut memang sudah sangat memprihatinkan. Oleh karena itu, warga setempat kemudian sepakat untuk melakukan iuran dan kerja bakti guna melakukan perbaikan secara mandiri. Tak hanya warga setempat saja, namun warga warga di perantauan pun turut serta menyumbangkan dana guna memperbaiki jalan.

“Total dana yang sudah kami keluarkan Rp. 28 juta, swadaya iuran dan warga RT 01 dan 02 yang melakukan tambal sulam,” beber Sulasna, Senin (27/01/2020).

Sulasna memaparkan, perhatian pemerintah kepada jalan di wilayahnya ini memang cukup memprihatinkan. Sejak pertama dibangun pada tahun 90an lalu, satu-satunya jalan yang menghubungkan Kecamatan Ngawen dengan obyek wisata Gunung Gambar sejauh dua kilometer tersebut belum pernah tersentuh perbaikan. Baru pada bagian bawah diperbaiki pada tahun 2019 lalu.

“Sementara yang atas dekat dengan obyek wisata malah tidak tersentuh, kami takut mencelakakan pengguna dan sepakat untuk iuran,” tambahnya.

Terpisah, Kepala Bidang Bina Marga DPUPRKP Kabupaten Gunungkidul Agustinus Setyo Koordijanto menyebut bahwa dalam waktu dekat ini, jalur tersebut akan mendapatkan perbaikan dari pemerintah. Pihaknya telah mengalokasikan anggaran untuk peningkatan kapasitas jalan menuju obyek wisata Gunung Gambar dan telah dimasukkan dalam Rencana Umum Pengadaan tahun 2020 ini.

“Masuk pada pengadaan langsung RUP DPUPRP Gunungkidul sebesar 150 juta,” tandas Setyo.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler