fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Puncak Arus Mudik 20-21 April, Pemkab Siapkan 3 Pos Pantau

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Perhubungan memprediksi puncak arus mudik ke Gunungkidul terjadi pada 20 April dan 21 April mendatang. Guna mendukung kelancaran arus mudik, Pemerintah Kabupaten Gunungkidul menyiapkan tiga pos di sejumlah titik di Gunungkidul.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji, mengatakan diprediksi pada arus mudik tahun ini akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu. Hal itu mengingat provinsi DIY menjadi daerah tujuan perjalanan terbanyak pada lebaran tahun ini. Dari hasil koordinasi yang dilakukan, secara nasional di DIY akan kedatangan 5,9 juta pemudik.

“Gunungkidul menjadi tujuan tertinggi kedua di DIY, sebanyak 4,78% dari pemudik nasional akan menuju ke Gunungkidul,” jelasnya, Selasa (11/04/2023).

Berita Lainnya  Anggaran Miliaran Bangun LPM di 2 Kapanewon, Petani Padi Bisa Langsung Jual Hasil Panen

Pihaknya akan menyiapkan tiga pos yang meliputi posko induk, pos pelayanan angkutan, dan pos pam jalur wisata untuk mendukung kelancaran arus mudik di Gunungkidul. Selain itu pihaknya tengah menyiapkan dan pemenuhan pelayanan fasilitas jalan seperti memperbaiki serta pemasangan fasilitas jalan dan perbaikan lampu penerangan jalan umum baik di jalan utama arus mudik maupun jalan-jalan kabupaten.

“Kalau tahun kemarin data masuk ada sekitar tiga ratus ribu pemudik, tahun ini diprediksi bisa naik,” imbuhnya.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat juga akan dilaksanakan pemeriksaan ramcek kesiapan kendaraan angkutan barang dan penumpang dengan menyasar pool bus, terminal, ruas-ruas jalan utama masuk ke Gunungkidul dan ruas jalan perkotaan.
Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto. Ia juga memprediksi tahun ini volume kendaraan pemudik akan mengalami peningkatan karena sudah terkendalinya pandemi covid19. Seperti tahun sebelumnya, jalan utama Jogja-Wonosari masih menjadi pilihan utama pemudik menuju ke Gunungkidul.

Berita Lainnya  Pemerintah Buka Peluang Perpanjang Masa PSTKM

“Puncak arus mudik tanggal 20 dan 21 April, peningkatan pemudik saya optimis ada. Kemudian untuk arus balik nantinya kita bagi menjadi dua karena juga bertepatan dengan hari buruh,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler