fbpx
Connect with us

Pariwisata

Puncak Kedatangan Wisatawan, Puluhan Kendaraan Diminta Putar Balik

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Puluhan ribu kendaraan wisatawan dihalau petugas, Minggu (29/08/2021). Mereka datang menyerbu Pantai Selatan Gunungkidul untuk berwisata. Namun petugas gabungan dari Satpol PP, Kapolisian, Tim SAR, dan Dishub menghalau kedatangan mereka.

Koordinator TPR Baron Utama, Supardi menerangkan, jika dibandingkan masa PPKM Darurat hingga Level di pekan-pekan sebelumnya, puncak serbuan wisatawan terjadi pada Minggu siang ini. Ia menyebut, puluhan ribu kendaraan terpaksa dihalau karena diperpanjangan PPKM Level 4, lokasi wisata masih ditutup.

“Untuk hari ini dari Pos JJLS sempat macet hingga simpang empat JJLS,” ujar Supardi.

Bahkan, ratusan kendaraan roda empat dari club kendaraan yang hendak masuk ke pantai juga dihalau petugas. Penghalauan kendaraan sendiri diakukan tak pandang bulu.

“Karena aturannya keseluruhan ya kami terapkan untuk seluruhnya,” jelas dia.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pariwisata Gunungkidul, Harry Sukmono menegaskan saat ini pemerintah masih menutup kawasan pariwisata. Sejumlah petugas selalu bersiaga di TPR yang ada untuk menghalau wisatawan masuk ke kawasan pantai. Dirinya memang mendapatkan laporan dari lapangan terkait banyaknya calon wisatawan yang hendak masuk namun berhasil dihalau.

“Per harinya 200 kendaraan diminta untuk putar balik. Adapun di pos pule ada sekitar 50 kendaraan per hari untuk putar balik,” ucap Harry.

Ia menjelaskan, beberapa pekan terakhir mayoritas calon pengunjung berasal dari Solo Raya, Magelang, Semarang dan beberapa daerah luar DIY.

Pihaknya berkoordinasi dengan pemerintah kalurahan untuk mengantisipasi wisatawan masuk. Selain itu setiap akhir pekan dari SAR dan Dinas Perhubungan juga membantu menjaga TPR serta melakukan pengecekan di kawasan pantai.

“Petugas yang berada di TPR kami minta jaga selama 24 jam dengan sistem bergantian karena ini aturan harus diterapkan untuk semuanya,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler