fbpx
Connect with us

Pariwisata

Punya Historis Menarik, Kampung Pitu Dikembangkan Sebagai Obyek Wisata Baru

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Adanya mitos yang sangat erat bagi masyarakat Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk akan dijadikan daya tarik tersediri bagi wisatawan. Dengan demikian, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Gunung Api Purna, tahun 2020 ini hendak berinovasi mengembangkan Kampung Pitu sebagai obyek wisata baru.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Obyek Wisata Nglanggeran, Sugeng Handoko mengungkapkan, Kampung Pitu memiliki nilai-nilai kebudayaan dan historis yang cukup menarik. Selain itu, spot Kampung Pitu juga sangat indah sehingga cocok untuk dikunjungi.

“Kebudayaan yang ada di Kampung Pitu tidak jauh dari namanya wilayah tersebut, hanya boleh didiami oleh tujuh kepala keluarga saja, selain itu tidak diperbolehkan,” ucapnya, Rabu (12/02/2020).

Sehingga harapannya mitos tersebut bisa dirasakan wisatawan secara luas. Para wisatawan nantinya bisa melihat dan berinteraksi langsung dengan masyarakat.

“Jadi mitos itu tetap kita jaga dan kita sampaikan ke wisatawan,” kata dia.

“Tidak akan berpengaruh kepada wisatawan, mengingat mitos tersebut hanya berlaku untuk warga yang menetap, selebihnya jika hanya kunjungan tidak akan berpengaruh,” ujar Sugeng.

Di samping itu, kawasan tersebut bisa digunakan untuk wisata petualangan. Ia mencontohkan seperti Tyrolean bagi wisatawan yang ingin menguji ketangkasan adrenalinnya dalam melintasi satu tebing ke tebing lainnya.

Dinas Pariwisata (Dispar) Gunungkidul menyambut baik program inovasi yang dilakukan oleh pengelola Gunung Api Purba Nglanggeran. Dispar menilai hadirnya Kampung Pitu bisa menambah keanekaragaman pilihan obyek wisata bagi wisatawan.

“Kami mendukung inovasi ini sebagai daya tarik di obyek wisata kawasan Gunung Api Purba Gunungkidul,” tandas Sekretaris Dispar Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono.

 

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler