fbpx
Connect with us

Peristiwa

Puting Beliung Menerjang Karangmojo, 20 Rumah Warga dan Gedung PAUD Porak-poranda

Diterbitkan

pada

BDG

Karangmojo,(pidjar.com)–Sekitar 20 rumah warga di Padukuhan Grogol 1, Padukuhan Grogol 3, dan Padukuhan Grogol 4, Kalurahan Bejiharjo, Kapanewon Karangmojo mengalami kerusakan akibat terjangan angin puting beliung, Kamis (11/04/2023) siang. Tim reaksi cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul bersama warga  melakukan pembersihan hingga malam ini.

Anggota Tim Reaksi Cepat BPBD Gunungkidul, Susanto, mengatakan dari pendataan yang dilakukan setidaknya terdapat 20 rumah warga di tiga Padukuhan yang rusak akibat terjangan puting beliung. Disebutnya kerusakan didominasi oleh genteng rumah yang terbang terbawa angin.   

“Dari pendataan sementara tidak ada kerusakan parah, semua didominasi kerusakan di atap rumah karena terbawa angin,” jelasnya.

Disebutnya Padukuhan Grogol 3 menjadi wilayah paling banyak terdampak angin puting beliung, sebanyak 17 rumah mengalami kerusakan di Padukuhan Grogol 3. Selain itu kerusakan sebanyak 2 rumah juga dilaporkan di Padukuhan Grogol 4 dan kerusakan satu rumah lainnya terjadi di Padukuhan Grogol 1.

“Dua rumah dilaporkan tertimpa pohon, saat ini masih proses evakuasi bersama warga,” imbuhnya.

Berita Lainnya  Gelombang Tinggi Terjang Pantai Selatan Gunungkidul, 10 Kapal Nelayan Rusak

Selain merusak rumah warga, angin puting beliung juga merusak bangunan gedung Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Padukuhan Grogol 3. Akibatnya, atap asbes gedung PAUD mengalami kerusakan.

Kepala PAUD Grogol 3, Tituk Sri Lasmini, mengatakan jika hujan mulai turun sekitar pukul 13.30 WIB. Tak berselang lama hujan turun, angin kencang mulai menerjang wilayah setempat yang menyebabkan asbes gedung paud berterbangan. Saat ini pihaknya bersama orangtua peserta didik tengah bersama-sama melakukan evakuasi barang-barang yang bisa diselamatkan.

“Meski atapnya rusak kami tidak akan libur pembelajaran, besok kami pindah dahulu ke aula balai dusun untuk sementara,” tutupnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler