fbpx
Connect with us

Peristiwa

Puting Beliung Terjang Mulusan, Puluhan Rumah Rusak, 1 Warga Dilarikan ke Rumah Sakit

Diterbitkan

pada

Paliyan,(pidjar.com)–Puting beliung kembali menerjang kawasan Gunungkidul. Jumat (11/03/2022) sore tadi, dua padukuhan di Kalurahan Mulusan, Kapanewon Paliyan porak poranda dilanda angin kencang. Sedikitnya puluhan rumah mengalami kerusakan akibat hentaman puting beliung tersebut. Sementara 1 orang warga harus dilarikan ke rumah sakit lantaran menderita luka akibat tertimpa pohon yang roboh. Hingga saat ini, personel dari BPBD Gunungkidul, kepolisian, maupun TNI serta dibantu warga dan relawan masih melakukan evakuasi puing-puing rumah-rumah warga yang dilanda kerusakan.

Diceritakan oleh Sarman, warga Padukuhan Kenteng, Kalurahan Mulusan, saat kejadian, kawasan tempatnya tinggal memang tengah dilanda hujan sangat deras. Sekitar pukul 16.00 WIB, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dari atas. Ia mulai panik lantaran suara gemuruh tersebut semakin keras terdengar. Hanya berselang beberapa detik kemudian, suara gemuruh kemudian diikuti dengan suara puing-puing beterbangan maupun suara pohon-pohon yang tumbang.

Berita Lainnya  Gila Bersepeda, Tamin Pilih Belasan Kali Mudik Gowes Dari Jawa Barat

Sarman sendiri semakin panik saat melihat atap bagian depan rumahnya tersingkap oleh kuatnya hembusan angin.

“Kejadiannya sangat cepat, saya ketakutan pilih berada di dalam rumah saat kejadian,” ucap Sarman, Jumat malam.

Saat angin mereda, ia pun mulai memberanikan diri untuk keluar rumah. Rupanya, tak hanya rumah miliknya saja yang mengalami kerusakan, Sarman juga melihat rumah-rumah milik tetangganya juga mengalami kerusakan.

“Rumah saya mengalami kerusakan pada bagian atap depan rumah. Banyak yang lebih parah,” beber dia.

Sementara itu, Dukuh Kenteng, Topik memaparkan, kerusakan akibat puting beliung di wilayahnya cukup banyak. Tercatat ada 83 rumah milik warga yang mengalami kerusakan. Adapun kerusakan sendiri sebagian besar berada pada bagian atap lantaran diterbangkan angin maupun tertimpa pohon yang tumbang.

Berita Lainnya  Pengemudi Terlelap, Innova Reborn Ringsek Hajar Pohon Perindang

“Untuk kawasan yang paling terdampak insiden angin kencang ini berdasarkan informasi yang masuk ke saya adalah Padukuhan Kenteng dan Karangmiri yang mana masing-masing padukuhan tersebut ada puluhan rumah yang rusak. Tapi ini masih kita lakukan pendataan dari pemerintah kalurahan,” beber dia.

Ia menambahkan, selain kerusakan rumah, ada pula korban dalam insiden ini. Menurut Topik, ada salah seorang warganya yang harus dilarikan ke rumah tersebut. Warga atas nama Karmi tersebut, mengalami luka setelah rumahnya tertimpa pohon jati yang tumbang.

“Korban tertimpa bagian empyak kayu yang tertimpa pohon Jati yang roboh. Sudah dilarikan ke RSUD Wonosari,” terangnya.

Pemerintah Kalurahan Mulusan sendiri langsung mempersiapkan langkah cepat dalam penanganan bencana ini. Pihaknya telah mempersiapkan Balai Padukuhan setempat sebagai lokasi pengungsian sementara bagi warga. Hal ini lantaran, ada cukup banyak rumah warga yang mengalami kerusakan cukup parah sehingga tak memungkinkan lagi ditempati, terutama jika nantinya kembali terjadi hujan.

Berita Lainnya  Ditinggal Pulang Ambil Es Batu, Penjual Mie Ayam Kecolongan Emas dan Uang Puluhan Juta Rupiah

“Kita berharap ada bantuan logistik bagi warga kami malam ini,” papar dia.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler