fbpx
Connect with us

Sosial

Ratusan Narapidana dan Anak Binaan Lembaga Pemasyarakatan Dapatkan Remisi Kemerdekaan

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)–Sebanyak 157 narapidana dan anak didikan di Gunungkidul mendapatkan remisi dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 76 pada Selasa (17/08/2021) siang kemarin. Narapidana dan anak tersebut terdiri dari warga binaan Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIB Yogyakarta, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Yogyakarta, dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Wonosari.

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIB Yogyakarta, Ade Agustina, menyampaikan, kegiatan pemberian remisi dilaksanakan di Lapas yang dipimpinnya. Menurut data, terdapat 61 narapidana dari LPP yang mendapatkan remisi. Dua narapidana diantaranya langsung dinyatakan bebas setelah mendapat remisi. Kemudian dari Lapas Wonosari, terdapat 75 narapidana mendapat remisi, 3 narapidana diantaranya dinyatakan bebas. Sedangkan dari LPKA terdapat 21 anak yang mendapatkan remisi, 1 anak diantaranya dinyatakan bebas.

“Di LPKA ada 21 anak yang dapat remisi. Diantaranya ada 9 anak yang sedang menjalani asimilasi di rumah yang mendapatkan remisi, dan 1 anak yang dinyatakan bebas,” paparnya.

Lebih lanjut, Ade menyampaikan jika para penerima remisi telah melalui beberapa tahapan. Seperti minimal telah menjalani 6 bulan masa hukuman, berkelakuan baik, serta tidak adanya catatan buruk selama dalam masa hukuman. Dalam pemotongan masa hukuman antar narapidana pun beragam.

“Kalau dari LPP sendiri ada yang potongannya sebulan, ada yang dua bulan, dan paling lama mendapat potongan empat bulan,” sambung Ade.

Saat disinggung mengenai adakah remisi bagi narapidana yang mendapatkan hukuman mati, ia enggan untuk berkomentar lebih jauh.

“Kalau untuk yang terpidana mati tidak mendapatkan remisi ya, tapi untuk hak-hak lainnya kami pastikan tetap dipenuhi. Untuk waktu eksekusinya belum ada informasi karena itu bukan kami yang memutuskan,” ucapnya.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut memberikan selamat kepada para penerima remisi. Ia menyampaikan jika para warga binaan agar tetap semangat ketika sudah berada di lingkungan masyarakat.

“Saya mengucapkan selamat kepada warga binaan yang mendapatkan remisi, yang terpenting tetap semangat dan sehat selalu,” terang Sunaryanta.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler