fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pimpin Sidak Tengah Malam di Tempat Pemotongan Hewan, Bupati Pastikan Daging Sapi di Pasaran Sehat

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Sunaryanta memimpin langsung sidak daging sapi di sejumlah Tempat Pemotongan Hewan (TPH) di Gunungkidul, Jumat (07/05/2021) dini hari. Hal ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan daging serta menjamin daging yang beredar di pasaran merupakan daging sehat.

Pantauan pidjar.com, Bupati Sunaryanta bersama rombongan Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Gunungkidul memulai perjalanan sekitar pukul 00.30 WIB. Rombongan kemudian mendatangi RPH di wilayah Pacarejo, Kapanewon Semanu.

“Ada enam titik TPH yang kita pantau. Saya ingin memastikan secara langsung bagaimana ketersediaan daging sapi di Gunungkidul serta menjamin sapi yang disembelih dalam keadaan sehat,” ujar Sunaryanta.

Di lokasi tersebut, rombongan bupati mendatangi 3 lokasi TPH di Semanu. Kemudian berlanjut di wilayah Karangmojo, Semin dan Wonosari. Dari hasil pantauan yang dilakukan, tidak ditemukan adanya daging sapi yang tidak sehat.

“Tadi dari tim DPP membawa dokter hewan mengecek daging, semua dalam keadaan sehat. Tapi kita akan pantau terus ke depan jangan sampai ada oknum nakal di Gunungkidul,” tandas Sunaryanta.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Hewan dan Kesmavet, Dinas Pertanian Gunungkidul, drh Retno Widiayastuti menambahkan, pihaknya tidak menemukan adanya penyakit yang berada di dalam daging. Ia memastikan bahwa dalam sidak tersebut semua sapi yang disembelih dalam keadaan sehat.

“Pantauan akan terus kita lakukan. Sementara kita lihat tadi dari ciri-ciri daging yang telah disembelih dalam keadaan baik,” ucap dia.

Kendati demikian, pihaknya menemukan adanya satu ekor sapi betina yang berada di kandang penampungan. Pihaknya pun langsung melakukan teguran terhadap pemilik TPH agar tidak menyembelih sapi betina di usia produktif.

“Ini kadang yang masih kecolongan, pemantauan kita perketat, sapi betina produktif tidak boleh disembelih,” tandas dia.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler