fbpx
Connect with us

Sosial

Ratusan Penyandang Disabilitas Terima Alat Bantu dari Pemerintah

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Dinas Sosial Kabupaten Gunungkidul menyalurkan bantuan kepada penyandang disabilitas yang belum terfasilitasi oleh pemerintah. Adapun bantuan tersebut berupa alat bantu untuk memudahkan disabilitas dalam beraktifitas secara mandiri.

Kepala Bidang Rehabilitasi, Dinas Sosial Gunungkidul, Gustarto mengatakan ada 191 unit alat bantu yang diperbantukan oleh pemerintah Kabupaten Gunungkidul bagi disabilitas yang belum tersasar bantuan pemerintah. Alat bantu tersebut berupa walker, alat bantu pendengaran, kruk, dan kursi roda.

“Hari ini sudah kami distribusikan ke beberapa kalurahan penerima bantuan. Jadi penerima mengambilnya di Kalurahan,” kata Gustarto.

Ia menjelaskan, penerima bantuan ini adalah mereka yang diusulkan by name by address oleh kalurahan setempat. Kemudian diverifikasi oleh tim apakah masuk kriteria penerima bantuan atau tidak. Pemberian bantuan ini memang rutin dilakukan oleh pemerintah sebagai bentuk perhatian.

Terlebih beberapa Kalurahan sudah masuk dalam kategori inklusi. Sehingga harapannya untuk membantu penyandang disabilitas untuk lebih mudah beraktifitas dan menjadi pribadi lebih mandiri.

“Berkaitan dengan disabilitas ini memang perhatian mulai diberikan, mulai dari sarana prasarana hingga keterlibatan dalam program kegiatan dan pemerintahan juga sudah berjalan,” imbuhnya.

Adapun dalam pengadaan alat bantu bagi disabilitas ini menggunakan plot dari ABPD Gunungkidul. Jika terdapat penerima yang sekiranya sudah ada perubahan maka bisa dialihkan untuk orang yang sesuai dengan kriteria dan tidak menyalahi aturan.

Sementara itu, Kepala Seksi Rehabilitasi, Witarto mengatakan pemberian bantuan alat bantu ini merupakan pentuk pemenuhan hak disabilitas di Kabupaten Gunungkidul. Hak-hak difabel sejak beberapa tahun ini telah dilindungi dengan peraturan daerah yang kuat.

Terpisah, Kamituwo Kalurahan Semanu, Susti Wulandari mengatakan hari ini Kalurahan Semanu mendapatkan 38 bantuan alat bantu bagi disabilitas yang ada di Kalurahan Semanu.

“Alhamdulillah bantuan alat bantu ini sudah kami salurkan kepenerima dan mudah-mudahan membantu mereka. Pemerintah juga berupaya agar disabilitas yang ada tetap terfasilitasi dan menjadi mandiri,” tutupnya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler