fbpx
Connect with us

Pariwisata

Ratusan Ribu Pengunjung Masuk ke Gunungkidul, Momentum Bangkitnya Sektor Pariwisata

Diterbitkan

pada

Wonosari, (pidjar.com)–Tingginya pemudik yang pulang ke Gunungkidul menjadi berkah tersendiri bagi perputaran ekonomi sektor pariwisata. Momen libur lebaran pun dimanfaatkan pemudik untuk mengunjungi objek-objek wisata di Gunungkidul. Selama libur lebaran ini, antrian kendaraan di jalan masuk ke kawasan wisata mengular hingga ratusan meter menjadi pemandangan yang biasa. Tak hanya itu, masuknya pemudik dan wisatawan juga membuat jalur masuk ke Gunungkidul pun juga sangat padat. Untuk waktu tempuh Jogja-Wonosari melalui jalur utama bahkan sempat menembus hingga 3 jam.

Banyaknya kunjungan wisatawan saat momen lebaran pun ke depannya dapat menjadi momen kebangkitan sektor pariwisata setelah diterpa pandemi dua tahun belakangan ini. Diharapkan, keindahan panorama Gunungkidul dapat disebarkan saat pemudik kembali ke kotanya sehingga sektor pariwisata Gunungkidul lebih dapat semakin luas dikenal.

Berita Lainnya  Jamin Penanganan Pasien Covid19, Pemkab Gunungkidul Mulai Fungsikan Shelter Wanagama

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul, Mohammad Arif Aldian, mengatakan sebanyak 144.122 wisatawan tercatat mengunjungi kawasan wisata sejak libur lebaran dimulai hingga tanggal 05 Mei 2022 kemarin. Banyaknya kunjungan tersebut tentunya sangat mendongkrak perekonomian pelaku wisata yang selama ini terdampak pandemi covid19.

“Kalau khusus hari Kamis (05/05/2022) kemarin, tercatat ada sebanyak 59.244 wisatawan yang berkunjung,” ucapnya.

Adapun berdasarkan data, jumlah wisatawan yang masuk pada hari pertama lebaran sebanyak 5.138 orang. Kemudian di hari kedua lebaran mencapai 21.736 orang dan hari ketiga tepatnya Rabu (04/05/2022) lalu sebanyak 46.364 wisatawan. Wisatawan yang masuk ini diprediksi masih akan terus bertambah hingga beberapa hari ke depan.

Berita Lainnya  Air Tangki Mahal, Warga Pilih Pikul Air Dari Sisa Telaga Yang Keruh dan Kotor

Tingginya angka kunjungan ini juga berperan dalam perputaran uang di kawasan wisata. Namun demikian, ia belum memiliki data dan tidak dapat memperkirakan berapa jumlah perputaran uang di sektor pariwisata saat libur lebaran saat ini.

“Kalau perkiraan belanja wisatawan dan perputaran uangnya tidak bisa diperkirakan. Untuk perputaran uang wisatawan di objek wisata saya belum ada datanya,” sambung Arif.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) JJLS Baron, Supardi, mengungkapkan, kunjungan wisatawan pada hari Jumat ini lebih landai dibandingkan hari-hari sebelumnya. Menurutnya, landainya kunjungan wisatawan dipengaruhi oleh sudah mulainya arus balik pemudik.

“Kemungkinan puncak kunjungan wisatawan sudah mulai turun, kalau dibandingkan hari-hari sebelumnya memang turun signifikan kunjungannya. Sampai siang ini baru ada sekitar 300 kendaraan yang lewat,” pungkasnya.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler