fbpx
Connect with us

Sosial

Rekor Penambahan Kasus Harian di Gunungkidul, 409 Orang Positif Covid19

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Perkembangan situasi penularan covid19 di Gunungkidul terus memburuk. Dalam 2 minggu terakhir ini, tak ada trend penurunan jumlah kasus per harinya. Bahkan, terjadi peningkatan yang cukup signifikan berkaitan dengan penambahan kasus. Pada Minggu (04/07/2021) ini, Kabupaten Gunungkidul kembali mencatatkan rekor penambahan kasus harian covid19. Tercatat penambahan kasus pada hari Minggu ini mencapai 409 kasus. Adanya penambahan kasus ini juga diikuti dengan tingginya angka kematian yang terjadi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, Dewi Irawaty mengatakan, dengan penambahan 409 kasus pada hari Minggu ini, total saat ini ada 2.879 kasus aktif covid19 di Gunungkidul. Para pasien sendiri tersebar di seluruh kapanewon. Total selama pandemi ini ada 7.752 kasus di mana 4.567 orang sudah dinyatakan sembuh, dan 306 orang meninggal dunia.

“Hari ini ada tambahan 409 kasus dan kasus meninggal sebanyak 11 orang,” ucap Dewi Irawaty, Minggu malam.

Lebih lanjut ia mengatakan, angka kematian akibat covid19 di Gunungkidul tergolong tinggi yaitu mencapai lebih dari 4 persen dari kasus yang ada. Menurutnya selama ini mereka yang meninggal rerata adalah lansia dan tidak memiliki penyakit penyerta. Ia mencontohkan, pada 4 hari terakhir ini saja, ada 46 orang meninggal dunia akibat covid19.

“Inilah yang menjadi PR bagi kita semua,” jelas dia.

Disinggung mengenai klaster yang saat ini aktif, ia menyebutkan jika masih belum terdekteksi klaster baru. Sebab kemungkinan lonjakan ini merupakan hasil tracing dari klaster yang muncul beberapa waktu lalu.

“Satu orang bisa menularkan virus ke banyak orang. Dari 1 orang itu kita lakukan tracing ke 15 orang. Kemungkinan penambahan ini adalah hasil dari tracing yang kita lakukan selama ini,” tutur Dewi.

Berkaitan dengan ketersediaan bed, pemerintah dan rumah sakit terus mengupayakan penambahan tempat tidur untuk melayani pasien covid19. Pun demikian dengan tenaga medis, pemerintah berusaha melakukan rekruitmen relawan.

“Ada sekitar 70 petugas medis yang turut terpapar,” imbuhnya.

Dengan banyaknya kasus terkonfirmasi belakangan ini, Dinas menekankan kepada masyarakat untuk tetap patuh dengan protokol kesehatan dan lebih diperketat lagi. Selama PPKM Darurat yang diterapkan, harapannya bisa mengerem penyebaran dan penularan covid19 di Gunungkidul.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler