fbpx
Connect with us

Sosial

Ribuan Kendaraan Pemudik Mulai Masuk Gunungkidul, Puncak Diperkirakan Hari Minggu Ini

Published

on

Patuk,(pidjar.com)–Kendaraan yang memasuki pintu gerbang Kabupaten Gunungkidul terus mengalami kenaikan jumlah yang signifikan. Sejak Sabtu (01/06/2019) kemarin, arus lalu lintas terpantau padat dengan kendaraan-kendaraan berplat luar daerah yang mulai masuk ke Gunungkidul. Dinas Perhubungan Kabupaten Gunungkidul memprediksi, Minggu (02/06/2019) ini akan kembali terjadi lonjakan kendaraan baik sepeda motor, mobil, dan bus yang masuk ke Gunungkidul. Diperkirakan, kenaikan yang terjadi adalah sebanyak 10 persen dibandingkan dari hari-hari sebelumnya. Kendati demikian, berdasarkan pantauan pidjar.com, arus lalu lintas di jalur tersibuk di Gunungkidul ini hingga siang ini masih ramai lancar dan tidak ada tumpukan kendaraan.

Petugas Dinas Perhubungan Gunungkidul, Kusmanto mengatakan, sejak Jumat lalu kendaraan yang masuk ke Gunungkidul sudah ada lonjakan. Namun demikian, lonjakan yang terjadi masih belum begitu signifikan. Menjelang malam hingga Sabtu kemarin, volume kendaraan mulai meningkat tajam. Perhitungan dari petugas gabungan sedikitnya telah terdapat 5.594 sepeda motor yang kemarin masuk ke Gunungkidul.

Kemudian untuk mobil pribadi, terdapat 2.502 unit yang memasuki pintu gerbang bagian barat Gunungkidul atau di Pos Hargodumilah. Untuk kendaraan angkutan barang sendiri terpantau sekitar 120 truk dan masih diperbolehkan melintas di jalur utama.

“Untuk hari ini diprediksi ada peningkatan sekitar 10 persen dibandingkan dengan hari sebelumnya,” ucap Kusmanto, Minggu (02/06/2019) pagi.

Sementara untuk hari Minggu hingga pukul 10.30 WIB tadi terpantau 2.033 unit sepeda motor telah masuk ke Gunungkidul dan 990 unit kendaraan roda 4. Saat ini, arus lalu lintas masih didominasi dengan dua jenis kendaraan tersebut. Dimungkinkan usai pukul 12.00 WIB hingga malam nanti volume kendaraan masih akan terus mengalami peningkatan.

“Jam-jam yang sekiranya padat itu sore hingga malam kemudian dini hari hingga pagi,” imbuhnya.

Dari pos Hargodumilah sendiri terus memberikan pelayanan dan arahan bagi pengguna jalan. Tim ganjal ban pun juga disiapkan oleh tim gabungan untuk membantu kendaraan-kendaraan yang sekiranya tidak kuat menanjak serta petugas siaga lainnya. Terdapat beberapa titik di kawasan Patuk hingga Wonosari yang patut diwaspadai kemacetannya.

Untuk kawasan Wonosari sendiri pusat kota arus lalu lintas cukup ramai. Kepadatan yang terjadi membuat aparat kepolisian memberlakukan rekayasa lalu lintas. Dari arah timur, pada Sabtu kemarin sempat diberlakukan sistem satu arah agar tumpukan kendaraan di pusat kota tak terlalu banyak.

Sementara itu, Kepala Bidang Angkutan dan Terminal, Dinas Perhubungan Gunungkidul Ikhrar Subarno mengatakan, untuk bus sendiri hingga siang tadi tercatat 571 unit bus baik dari Kementerian, Jasa Raharja, dan reguler yang telah memasuki terminal Dhaksinarga. Untuk jumlah penumpang sendiri mencapai 1987 orang. Seluruh bus yang masuk ke Gunungkidul diarahkan masuk ke Terminal agar dapat dengan mudah di data.

“Untuk puncak arus mudik sendiri diperkirakan hari ini. Tapi tidak menutup kemungkinan hingga tanggal 4 mendatang masih ada kendaraan yang masuk ke terminal,” tambahnya.

Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler