fbpx
Connect with us

Peristiwa

Ribuan Warga Masyarakat Yang Terjaring Operasi Zebra Padati Kejari Gunungkidul

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Lautan manusia dan kendaraan memadati halaman Kejaksaan Negeri Gunungkidul pada Jumat (08/11/2019) pagi ini. Ribuan orang serempak mendatangi Kejari Gunungkidul ini untuk mengurus surat tilang yang mereka dapatkan lantaran melanggar lalu lintas. Selama 2 minggu belakangan ini, Polres Gunungkidul memang menggelar Operasi Zebra Progo di sejumlah ruas jalan sibuk di Gunungkidul. Selama operasi ini, hasilnya memang cukup mencengangkan. Total hampir 5000 pelanggar lalu lintas yang ditilang oleh petugas kepolisian sementara ribuan lainnya mendapatkan teguran.

Membludaknya warga masyarakat ini tentunya berdampak pada lingkungan di sekitarnya. Sejumlah ruas jalan di seputaran kantor Kejari Gunungkidul digunakan untuk parkir kendaraan. Hal ini lantaran halaman Kejari Gunungkidul tak lagi muat menampung keseluruhan kendaraan yang ada. Arus lalu lintas di Jalan Mgr Sugiyopranoto juga tersendat tepat di depan kantor Kejari.

Adapun berdasarkan data dari pihak kepolisian, untuk pengguna jalan yang berhasil dilakukan penilangan yakni sebanyak 4540 orang. Pelanggaran terbanyak adalah tidak lengkapnya surat-surat berkendara dan beberapa komponen kendaraan yang tidak sesuai dengan aturan yang berlaku. Tak hanya kendaraan roda dua saja yang ditilang oleh petugas, melainkan kendaraan pribadi jenis mobil dan angkutan pun juga mendapatkan penindakan tegas.

“Khusus untuk pelajar, ada sekitar 1931 orang yang kita tilang. Tapi pada umumnya kami lakukan penindakan secara menyeluruh, masyarakat umum yang melakukan pelanggaran pun juga tak luput dari penindakan,” terang Kasat Lantas Polres Gunungkidul, AKP Anang Tri Nuviyan, Jumat siang.

Selain ribuan surat tilang, dalam Operasi Zebra ini, pihaknya juga menyita sebanyak 141 unit sepeda motor. Kendaraan ini diamankan karena saat operasi, pengendara tidak dapat menunjukkan surat-surat kendaraan maupun adanya komponen kendaraan yang tidak sesuai. Kemudian adapula mobil yang ditilang karena pengemudi beraktifitas sembari memainkan ponsel saat berkendara.

Berita Lainnya  Kisah Mbah Daliyem, Hidup Sebatang Kara Dengan Kondisi Kejiwaan Terganggu

“Ya memang untuk ratusan kendaraan yang kami amankan itu karena tidak ada surat-surat dan ada komponen yang tidak sesuai. Jika surat sidang dari pengadilan telah turun, sepeda motor bisa diambil dengan catatan komponen yang tidak sesuai harus diganti terlebih dahulu di saksikan petugas,” imbuh dia.

Tak hanya tilang yang diberikan oleh petugas, melainkan juga dilakukan tindak teguran pada 2049 pengguna jalan yang pelanggarannya masih dapat ditoleransi. Berkaitan dengan angka kecelakaan lalulintas yang terjadi selama operasi berlangsung tercatat ada 13 kejadian kecelakaan lalu lintas. Kendati demikian untuk jalur yang terjadi kecelakaan bukan di target operasi dari Tleseh-Siyono-Pasar Argosari, melainkan di luar kawasan tersebut.

Berita Lainnya  Ditabrak Purnawirawan TNI, Pemotor Dilarikan ke RSUD

“Target operasi kami yakni di ruas jalur yang sekiranya rawan kecelakaan, padat aktiitas, dan macet. Kecelakaan selama operasi ini yang terjadi di luar daerah atau TO,” tambahnya.

Pantauan di Kejakasaan Negeri Gunungkidul, ribuan pemilik kendaraan memadati kantor tersebut sejak pagi tadi. Paling tidak untuk pelayanan pengambilan ini sendiri dilakukan selama 3 minggu ke depan khusus di hari Jumat setelah dilakukan sidang oleh Pengdilan Negeri Gunungkidul.

Ada beragam kejadian yang terjadi saat digelarnya Operasi Zebra ini. Bahkan dari petugas sendiri sempat melakukan pembinaan pada beberapa pemuda yang berkedapatan memfoto serta memposting kegiatan operasi yang disertai dengan hujatan. Kendati kemikian, permasalahan tersebut sudah diseleaikan dan dilakukan pembinaan oleh petugas.

Sementara itu, salah satu pengguna jalan yang ditilang petugas, Eriana menceritakan, antrian panjang pengambilan STNK ini sudah terjadi sejak pagi tadi. Mereka yang hendak mengambil surat tersebut terus saja berdatangan. Ia sendiri beberapa waktu lalu ditilang petugas lantaran tidak menyalakan lampu saat berkendara.

“Antri banyak banget, padahal saya datang sudah sejak pagi,” ceritanya.

Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler