fbpx
Connect with us

Sosial

Berkah Hujan Awal, Panen Nelayan Mulai Melimpah

Diterbitkan

pada tanggal

Wonosari,(pidjar.com)–Turunnya hujan tidak hanya menjadi berkah bagi para petani, namun juga sangat disyukuri oleh para nelayan. Pasalnya, dalam beberapa waktu terakhir ini nelayan di kawasan pantai selatan Gunungkidul mulai mendapatkan tangkapan yang cukup melimpah.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Gunungkidul, Krisna Berlian mengatakan, dari pantauan yang dilakukan oleh pihaknya, saat ini nelayan mendapatkan tangkapan yang cukup lumayan. Hampir di semua nelayan di pantai selatan mulai melakunan aktifitas melaut.

“Hampir dua minggu ini nelayan mendapatkan hasil tangkapan berbagai jenis ikan,” kata Krisna, Jumat (08/11/2019).

Namun begitu, pihaknya belum bisa mengatakan berapa total tangkapan nelayan selama ini. Saat ini pihaknya melakukan pemantauan di Tempat Pelelangan Ikan untuk mengetahui hasil tangkapan para nelayan.

Berita Lainnya  Baru Pertama Kali Tampil di Ajang Nasional, Kontingen Gunungkidul Sabet Gelar Terbaik Kedua se-Indonesia

“Di Pantai Drini hasil tangkapan beberapa waktu lalu kurang lebih sejumlah 1 ton dengan presentase 38 % ikan cakalang dan 62 % ikan salem. Untuk ikan cakalang diberi harga Rp 15.000, dan Rp 8.000 untuk ikan salem,” kata dia.

Sementara itu, salah seorang nelayan Panfai Ngrenehan, Kecamatan Saptosari, Sungkono mengatakan, para nelayan kebanyakan mencari ikan hingga pantai baru, Bantul yang jaraknya cukup jauh dari Ngrenehan. Belum adanya hujan yang turun secara terus menerus disebut menjadi salah satu penyebab belum banyaknya hasil tangkapan.

“Awal musim hujan itu biasanya panen ikan, tetapi kemarin hanya hujan sebentar dan sekarang belum hujan lagi. Dua hari lalu ada yang dapat bawal sebanyak 50 Kilogram,” katannya.

Tidak hanya ikan saja yang sulit untuk dicari. Namun juga komoditas laut seperti lobster yang saat ini belum juga menunjukkan tanda-tanda akan panen. Walaupun belum musim ikan dirinya tetap melaut.

Berita Lainnya  Operasi Pasar di Pasar Argosari, 6 Ton Beras Murah Jokowi Ludes Dalam 3 Jam

Dirinya biasanya melaut pada pukul 15.00 untuk memasang jaring yang digunkaan untuk mencari lobster lalu pada jam 6 pagi keesokan harinya dirinya bersama teman nelayan melaut kembali untuk mengambil jaringnya.

“Awal penghujan ini masih tergolong sepi. Tetapi kami tetap melaut untuk mencari ikan,” pungkas dia.

Iklan
Klik untuk Komentar
Iklan

Facebook Pages

Iklan
Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler