fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Rotasi Belasan Pejabat Eselon 2, Pejabat Penting Era Badingah “Dikandangkan”

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Bupati Gunungkidul, Sunaryanta untuk pertama kalinya menggelar pergeseran rotasi dan mutasi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemkab Gunungkidul, Sabtu (28/08/2021) pagi tadi. Sedikitnya, ada sebelas jabatan Eselon II yang mengalami pergeseran. Yang menarik dalam mutasi ini, Bupati Sunaryanta memutuskan untuk menarik Eddy Praptono yang sebelumnya lama menjabat sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman untuk dijadikan Staf Ahli Bupati.

Adapun pejabat-pejabat tersebut antara lain, Sigit Purwanto yang awalnya menjabat sebagai Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat menduduki jabatan baru sebagai Asisten Administrasi Umum. Kemudian Sujarwo yang awalnya menjabat sebagai Kepala Inspektorat menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) yang sebelumnya lowong setelah pejabat sebelumnya pensiun.

Sementara Eddy Praptono yang sebelumnya selama hampir 10 tahun menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman menduduki jabatan baru sebagai Staf Ahli Bupati di Bidang Ekonomi dan Pembangunan. Siwi Iriyanti yang tadinya menjadi Kepala Dinas Sosial menduduki jabatan baru sebagai Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.

Asti Wijayanti yang sebelumnya menduduki Kepala Dinas Pariwisata menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Sosial. Agus Hartadi bergeser dari Sekretaris Dewan menjadi Staf Ahli Bupati Bidang Hukum, Pemerintahan san Politik.

Wahyu Nugroho yang sebelumnya menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Perhubungan menduduki jabatan baru sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika. Kelik Yuniantoro pejabat Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika digeser menjadi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Johan Eko Sudarto yang awalnya menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan menjadi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Siti Isnaini Dekoningrum Handayani, Staf Ahli Bidang Sosial, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia menjadi berganti posisi menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan. Hery Sukaswadi yang menduduki Staf Ahli Bupati Bidang Hukum Pemerintah dan Politik menduduki jabatan baru sebagai Sekretaris Dewan.

Dengan pelantikan ini, ada sejumlah OPD yang mengalami kekosongan, seperti diantaranya DPUPRKP, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, Dinas Pariwisata dan lainnya. Direncanakan, untuk OPD-OPD tersebut, akan dilakukan seleksi terbuka untuk memiliki Kepala OPD.

Seusai pelantikan, Bupati Gunungkidul Sunaryanta berpesan para pejabat baru terlantik bisa memaksimalkan serapan anggaran. Sejauh ini, Sunaryanta menilai serapan anggaran belum maksimal di beberapa sektor.

“Orang-orang ini sudah lama di sini, saya rasa mereka lebih paham Gunungkidul, saat ini akan kami dorong serapan anggaran agar maksimal sehingga uang bisa cepat berputar di sini,” papar Sunaryanta, Sabtu pagi.

Ia juga menegaskan tidak ada keterlibatan partai politik dalam rotasi dan mutasi ini seperti yang ditudingkan sejumlah elemen masyarakat. Ia menegaskan hak tersebut murni hak prerogatifnya sebagai Bupati.

“Kalaupun silaturahmi saya rasa wajar, tapi itu semua murni hak dan kewewenangan saya,” tandas dia.

Sementara itu, Sekda Gunungkidul, Drajad Ruswandono menambahkan, jabatan merupakan estafet agar pemerintahan berjalan dengan baik. Ia mengatakan kekosongan pada eselon tiga dan empat akan segera diisi dengan rotasi dan mutasi.

“Keputusannya sudah hampir final, nanti secepatnya untuk eselon tiga dan empat,” pungkas Drajad.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler