fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Pembayaran Gaji Mundur Lantaran Rotasi Mutasi Akhir dan Awal Tahun, Pemkab Minta ASN Sabar

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)–Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Gunungkidul belum menerima pembayaran gaji untuk bulan Januari 2022 ini. Pembayaran gaji sendiri harus mundur dengan estimasi perkiraan beberapa hari dari tanggal 1. Adanya keterlambaran pembayaran gaji dikarenakan masih adanya penataan pejabat dan penyesuaian kelembagaan baru yang dilakukan oleh Bupati Gunungkidul. Pada akhir tahun dan awal tahun ini, Bupati Sunaryanta memang melakukan proses rotasi dan mutasi di lingkungan ASN Pemkab Gunungkidul.

Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Gunungkidul, Sri Suhartanta membenarkan adanya kemunduran pembayaran gaji untuk ASN pada bulan ini. Ia menyebut bahwa proses pembayaran gaji sendiri menyesuaikan dengan kebijakan rotasi maupun mutasi serta penyesuaian kelembagaan baru yang dilakukan oleh Pemkab Gunungkidul. Termasuk berkaitan dengan kenaikan jabatan serta pangkat beberapa pejabat.

Berita Lainnya  Iuran BPJS Kesehatan Resmi Kembali ke Tarif Lama

“Ada kemunduran sebab ada penyesuaian dan pelantikan jabatan,” ucap Sri Suhartanta, Selasa (04/01/2022).

Ia menjelaskan, di Gunungkidul sendiri terdapat 8.000an ASN yang bertugas di OPD dan Kapanewon. Di mana berkaitan dengan besaran gajipun tentunya berbeda disesuaikan dengan kepangkatan dan tunjangan yang diperoleh.

Dalam setiap bulannya, uang gaji yang disalurkan ke para ASN ini totalnya rerata sebesar 36 miliar rupiah. Dengan adanya keterlambatan ini, pemerintah meminta para ASN untuk sabar menunggu. Ia menyebut bahwa dalam beberapa hari ke depan, uang pembayaran gaji sendiri telah bisa disalurkan ke rekening para ASN.

Pada prinsipnya, meskipun mundur, pemerintah mengupayakan segera dilakukan pengusulan dan penatausahaan gaji ASN. Saat ini, pihaknya sedang melakukan koordinasi dan sinkronisasi data usulan per organisasi pemerintah daerah (OPD) sesuai dengan formasi yang baru.

Berita Lainnya  Bikin Kumuh Pantai Selatan, Dinas Ancam Berikan Sanksi Untuk Pelaku Wisata Yang Sembarangan Kelola Sampah

“Akan segera kami proses berkaitan dengan gaji pada bulan Januari ini. Kami sedang berproses dan koordinasi serta sinkronisasi data,” tutup Sri Suhartanta.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler