fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Animo Tinggi Warga Gunungkidul Akses Bantuan Melalui Program Kartu Pra Kerja

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Minat warga Gunungkidul untuk mengikuti program Kartu Pra Kerja dari pemerintah cukup tinggi. Hal tersebut terlihat dari antusiasme masyarakat dalam mengakses program kartu Pra Kerja gelombang 19 yang kembali dibuka oleh Kementrian Tenagakerja sejak Kamis (28/08/2021) kemarin. Pada gelombang sebelumnya, telah ada lebih dari 30.000 warga Gunungkidul yang mengikuti program Pra Kerja.

Kepala Bidang Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Gunungkidul, Ahsan Jihadan mengatakan, data di tahun 2021 pada gelombang ke-12 hingga ke-17, terdapat 13.077 warga Gunungkidul yang mengakses program ini. Sementara pada tahun 2020, pada gelombang ke-1 hingga ke-11 terdapat 19.293 warga yang mengakses program pra kerja.

“Per kabupaten dan kota tidak ada kuotanya, semua berdasarkan dengan sistem. Jadi yang melakukan seleksi adalah sistem,” jelas Ahsan, Jumat (29/08/2021).

Ahsan menambahkan, banyaknya warga yang dirumahkan atau kehilangan mata pencaharian akibat pandemi berkepanjangan yang masih terjadi ini menjadi penyebab tingginya animo warga Gunungkidul yang mengakses program ini. Program ini juga bisa dijadikan modal mereka untuk lebih kreatif dalam membaca peluang.

“Ada berbagai macam pelatihan yang bisa diakses di situ, misalnya pelatihan marketing, pelatihan tata boga dan lain sebagainya yang bisa dilakukan secara online. Selain itu, peserta juga mendapatkan insentif yang bisa dijadikan modal,” ujarnya.

Sementara itu, warga Kalurahan Logandeng, Kapanewon Playen, Nanang Haryanto mengaku cukup terbantu dengan adanya program kartu pra kerja. Ia sendiri memilih paket ojol marketing dan bahasa Inggris.

“Insentifnya bisa untuk nyambung hidup di masa sulit seperti sekarang ini, terus pelatihannya juga bermanfaat untuk memberikan servis kepada customer,” kata Nanang.

Sebagaimana diketahui, informasi lengkap terkait pendaftaran dapat dibaca melalui laman www.prakerja.go.id/faq. Nantinya, peserta Kartu Prakerja yang lolos akan mendapatkan insentif berupa bantuan dari pemerintah sebesar Rp 3,5 juta.

Rinciannya, peserta Kartu Prakerja Gelombang 19 akan mendapatkan uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, insentif pasca-pelatihan Rp 600.000,- per bulan selama empat bulan, dan insentif survei Rp. 50.000,- untuk tiga kali.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler