fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Rumor Rotasi Kepala Dinas, Bakal Dilantik Jumat?

Published

on

Wonosari,(pidjar.com)–Pemerintah Kabupaten Gunungkidul dikabarkan akan segera melalukan rotasi jabatan untuk jabatan tinggi pratama atau eselon II. Sejumlah Organisasi Perangkat Daerah akan memiliki kepala anyar. Sejumlah persiapan sendiri telah mulai dilakukan untuk proses rotasi ini. Bahkan, rumor nama-nama calon kepala dinas yang akan dipindahtugaskan menduduki jabatan anyar sudah mulai muncul di kalangan masyarakat.

Rotasi jabatan eselon II ini memang sekarang sedang ramai dibicarakan oleh kalangan elit pemerintahan. Pelantikan sendiri dijadwalkan akan berlangsung pada Jumat (20/08/2021) mendatang.

Rumor yang berkembang sekarang ini, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul nantinya akan diduduki oleh Wahyu Nugroho yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul. Sementara Kelik Yuniantoro, Kepala Diskominfo saat ini, akan dipindahtugaskan untuk menjabat sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Sedangkan Asti Wijayanti yang merupakan Kepala Dinas Pariwisata akan menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Gunungkidul. Asti akan bertukar posisi dengan Kepala Dinas Sosial yang sekarang menjabat Siwi Iriyanti yang akan menggantikannya sebagai Kepala Dinas Pariwisata.

Rumor juga menyebut bahwa Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Ali Ridlo akan menjabat sebagai Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang saat ini kosong. Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP), Eddy Praptono akan digeser sebagai staf ahli Bupati. Sedangkan jabatan DPUPRKP sementara akan dikosongkan menunggu proses seleksi terbuka pejabat jabatan tinggi pratama yang akan segera digelar. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Siti Isnaini Dekoningrum akan digeser menjadi Assek II.

Kepala Inspektorat Daerah, Sujarwo dikabarkan akan menduduki jabatan Kepala Dinas Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DP3AKBPMD) yang memang saat ini tengah lowong. Sementara untuk jabatan Kepala Irda, akan diduduki oleh Hery Sukaswadi yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Pemerintahan.

Berdasarkan informasi yang diterima wartawan, sebanyak 12 orang pejabat kepala dinas atau yang setara sebelumnya telah menjalani tes assesemen untuk proses mutasi rotasi itu. Ada 3 orang pejabat yang tidak disertakan untuk mengikuti tes assemen ini yaitu Kepala DPMPT Gunungkidul, Irawan Jatmiko; Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Agus Priyanto; serta Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang, Winaryo. Diperkirakan, ketiga orang pejabat ini tidak akan bergeser dan tetap menjabat pada jabatan yang saat ini diemban.

Saat dikonfirmasi, sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Gunungkidul masih enggan untuk memberikan komentarnya.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, Kelik Yuniantoro menyebut, saat ini belum ada informasi mengenai adanya rotasi jabatan eselon II ini. Disinggung mengenai assesmen pun juga dirinya masih enggan berkomentar banyak.

“Belum ada info mbak, ditunggu aja nggih,” kelit Kelik.

Hal senada juga diungkapkan oleh Bupati Gunungkidul, Sunaryanta. Namun begitu, Sunaryanta mengakui bahwa memang akan ada mutasi dan rotasi sejumlah pejabat eselon II di lingkup Pemkab Gunungkidul. Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga akan menggelar seleksi terbuka jabatan tinggi pratama. Namun demikian, saat dimintai informasi lebih lanjut, Sunaryanta memilih untuk tak berbicara banyak.

“Tanya ke Sekda atau Wakil Bupati saja yang ngurusin kayak begitu,” tutup Sunaryanta.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler