fbpx
Connect with us

Pemerintahan

Sambut Pemudik, Dinas Perhubungan Mulai Lakukan Pengecekan Jalan

Diterbitkan

pada

BDG

Wonosari,(pidjar.com)– Menjelang mudik lebaran, Dinas Perhubungan Gunungkidul mulai melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya adalah melakukan survei jalur mudik yang nantinya akan menjadi jalur utama maupun jalur alternatif.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji mengatakan, survei jalur mudik bersama dengan DPUPRKP, Kepolisian, hingga Dinas Pariwisata telah dilakukan. Beberapa jalur utama mudik, alternatif hingga jalur wisata mulai disurvei untuk memastikan bagaimana kondisinya. Hasil survei ini nantinya akan dimanfaatkan untuk penerapan rekayasa lalu lintas dan lain sebagainya

“Untuk rekayasa lalin jika terjadi kepadatan, juga untuk penambahan rambu atau himbauan serta pengarah,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Gunungkidul, Bayu Susilo Aji.

Berita Lainnya  Alasan Jarak, Sejumlah Kepala SD Yang Baru Dilantik Mundur Massal

Selain itu, perbaikan fasilitas jalan baik Penerangan Jalan Umum (PJU) maupun APILL juga tengah dikebut. Langkah tersebut untuk memaksimalkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan pengendara saat arus mudik dan arus balik.

“Kita juga melaksanakan beberapa operasi penegakan angkutan penumpang dan barang, hal ini untuk memastikan kelaikan dan kesiapan angkutan nanti dalam menghadapi arus mudik,” terangnya.

Ditambahkannya, kedepannya saat mendekati arus mudik pihaknya juga akan mendirikan posko baik terpadu maupun pos pelayanan mandiri di terminal, area perparkiran, ataupun di jalur wisata. Diharapkan ketika nanti saat arus mudik dan arus balik tiba, persiapan yang dilakukan sudah matang dan pengendara bisa nyaman dalam mudik.

Berita Lainnya  Verifikasi Data Selesai, Penyaluran BST Kembali Dilakukan

“Kemudian ada juga ramcek angkutan penumpang, dan pemasangan himbauan ataupun rambu-rambu dan pengarah tambahan di jalur utama maupun alternatif,” imbuh Bayu.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul, Rakhmadian Wijayanto, menyebut jika pelaksanaan detail terkait arus mudik lebaran tahun ini masih menunggu kebijakan dari provinsi. Namun demikian segala sesuatu untuk mensukseskan arus mudik tahun ini sudah pihaknya siapkan. Pihaknya juga sudah melakukan pendataan jalur yang layak dijadikan jalur mudik pada tahun ini.

“Untuk jalur timur, barat, dan selatan sudah kami data. Jalur di zona utara memang belum. Sementara belum ada rencana pengalihan jalur utama, tetapi setidaknya kegiatan kita tahun ini sama dengan tahun lalu,” pungkasnya.

Berita Lainnya  Volume Sampah Yang Masuk TPAS Wukirsari Terus Meningkat Pesat, Seluruh Pemdes Didorong Bentuk Bank Sampah

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler