fbpx
Connect with us

Politik

Scan Barcode Aplikasi PeduliLindungi Masih Angel di Kawasan Pantai, Kominfo Harus Perhatikan Gunungkidul

Diterbitkan

pada

BDG

Semanu,(pidjar.com)–Masih banyaknya area yang blank spot dari sinyal internet di Gunungkidul menjadi perhatian anggota Komisi 1 DPR RI dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Sukamta. Pandangan tersebut ia sampaikan saat kunjungannya ke Panjerino Coffee, Kapanewon Semanu pada Senin (27/12/2021) kemarin.

Area blank spot khususnya di kawasan wisata pesisir selatan Gunungkidul masih menjadi kendala tersendiri sampai saat ini, terlebih penggunaan aplikasi PeduliLindungi yang membutuhkan sinyal internet saat masuk kawasan wisata. Tak jarang wisatawan terkendala tidak adanya sinyal internet untuk memindahkan scan barcode aplikasi PeduliLindungi di beberapa kawasan wisata. Sukamta menyampaikan dirinya terus mendorong agar Gunungkidul terus mendapatkan perhatian dari Kominfo terkait masih adanya area blank spot berupa penambahan Base Transceiver Station (BTS) sebagai stasiun pemancar komunikasi nirkabel jaringan operator.

Berita Lainnya  Tunggu Juknis, Rekruitmen PPK dan PPS Molor

“Kominfo harus perhatikan Gunungkidul agar internet lancar, ada yang sifatnya penambahan BTS tapi ada juga program-program berupa WiFi untuk daerah blank spot,” ucapnya saat ditemui.

Menurutnya, adanya BTS akan lebih permanen dan dapat mencakup wilayah yang lebih luas. Sedangkan WiFi menurutnya diperlukan untuk tempat-tempat yang skalanya lebih kecil seperti kawasan pariwisata.

“Kita perjuangkan supaya ada. sebagian itu sudah, tentu yang lain nanti terus kita data wilayah blank spot untuk kita perjuangkan,” sambung Sukamta.

Sementara itu, Koordinator TPR Baron, Supardi, mengungkapkan hingga saat ini dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi masih terkendala tidak adanya sinyal internet di pos-pos pintu masuk kawasan wisata di wilayahnya. Penerapan aplikasi PeduliLindungi berjalan kurang maksimal sehingga untuk menyiasatinya petugas melakukan screening menggunakan kartu vaksin wisatawan yang akan berkunjung.

Berita Lainnya  Sunaryata Minta Umat Lintas Agama Jaga Toleransi

“Nggeh, sinyal jelek. Hampir di semua pos terkendala begitu, kami menggunakan kartu vaksin untuk screening wisatawan,” tandas Supardi.

Iklan
Iklan

Facebook Pages

Iklan

Pariwisata

Berita Terpopuler