fbpx
Connect with us

Peristiwa

Sejumlah Penyu Ditemukan Mati Membusuk di Pantai Selatan

Published

on

Tanjungsari,(pidjar.com)–Dua ekor penyu berukuran besar ditemukan mati membusuk di kawasan pantai selatan Gunungkidul. Binatang laut yang mampu hidup hingga ratusan tahun tersebut diduga mati dan terbawa ombak hingga ke tepian saat gelombang tinggi beberapa hari lalu.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II, Surisdiyanto mengatakan, penyu mati ditemukan pertama kali oleh petugas SAR yang melakukan aktivitas patroli pada hari Minggu (19/07/2020) di kawasan Pantai Watu Kodok, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari. Di lokasi tersebut, penyu berukuran cukup besar yakni mencapai pajang 30 cm lebar 25 cm dengan berat 26 kg.

“Jenisnya (penyu) belum diketahui,” kata Suris, Selasa (21/07/2020).

Kemudian pada hari ini, anggota SAR juga kembali menemukan penyu dengan kondisi sudah membusuk di pinggir kawasan Pantai Somedang wilayah Kalurahan Tepus Kapanewon Tepus.

Berita Lainnya  Hujan Angin di Gari, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon

“Untuk yang hari ini ukuranya juga besar yakni memiliki panjang 40 cm lebar 30 cm dengan berat 40 kg,” kata Suris.

Lebih lanjut dikatakan, atas temuan tersebut petugas langsung mengubur bangkai penyu di kawasan pantai setempat. Terkait dengan penyebab kematian penyu, pihaknya menduga bahwa gelombang tinggi beberapa waktu lalu menyebabkan binatang laut itu terbawa ke tepi pantai hingga akhirnya mati.

Ia menjelaskan, kejadian seperti ini kerap terjadi di kawasan pantai selatan Gunungkidul. Penyu sendiri juga merupakan binatang laut yang dilindungi. Masyarakat setempat serta petugas SAR turut memantau keberadaan penyu. Jika ditemukan masih hidup, penyu tersebut dilepaskan kembali kehabitat aslinya.

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler