fbpx
Connect with us

Pariwisata

Sektor Pariwisata dan UMKM Kawasan Pantai Selatan Mulai Menggeliat

Published

on

Wonosari, (pidjar.com)– Pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata dan para pelaku UMKM di kawasan pantai Gunungkidul sudah bisa dirasakan atau sudah ada perkembangan dibanding tahun sebelumnya. Hal ini dibuktikan bahwa para pengunjung di kawasan pantai selatan Gunungkidul membludak disaat hari libur.

Di kala waktu pandemi PSBB masih diperlakukan, ekonomi Gunungkidul lumpuh total. Kawasan wisata-wisata Gunungkidul ditutup semua. Hal ini sangat merugikan, tidak hanya pemerintahan, dampak ini juga mengakibatkan ke sektor UMKM/para penjual. Akan tetapi sekarang semenjak new normal destinasi wisata sudah dibuka kembali. Maka dari itu, semua UMKM dikawasan wisata pantai Gunungkidul sekarang sudah kembali lagi beraktivitas mencari mata pencaharian lagi, sesudah PSBB diberhentikan.

Data yang kami terima, jumlah pengunjung destinasi wisata pantai di Gunungkidul pada tahun 2020 total ada 795.593 jiwa. Pada tahun 2021 sampai dengan bulan April saat ini total ada 481.473 jiwa,” ujar Pengadministrasian Umum Dispar Gunungkidul Heri Susanto Jumat (09/04/2021 ).

Sementara itu, destinasi wisata pantai di Gunungkidul meski sudah dibuka seperti biasa akan tetapi para pengunjung atau wisatawan harus mematuhi protokol kesehataan, baik mengunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan. Pemerintahan sampai saat ini masih memberlakukan peraturan protokol kesehatan yang ketat guna memutus mata rantai penyebaran covid-19.

Kendala yang dihadapi atau keluhan yang dirasakan saat ini oleh para pedagang ialah disaat hari-hari biasa selain Sabtu dan Minggu. Karena hari-hari biasa para pengunjung relatif sepi atau menurun dibandingkan hari libur, maka dari itu omsetnya juga menurun sangat drastis.

Hal ini dirasakan para pedagang atau pelaku UMKM itu sendiri, disaat hari libur nasional atau hari sabtu dan minggu omset per harinya bisa mencapai 1juta sampai dengan 2juta,” kata Budi salah satu pedagang di Pantai Selatan.

Ditulis oleh: Rahmad Wahyudi 2019008388, Manajemen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Advertisement
Advertisement

Facebook Pages

Advertisement

Pariwisata

Berita Terpopuler